Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN JASA PENDIDIKAN STIE MALANGKUCECWARA MALANG (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG ANGKATAN TAHUN 2000)

Thesis Detail
Author TATOK WIDI WIDAYAT
Student's ID (NPK) K.2000.1.24583 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KUALITAS JASA,KEPUASAN MAHASISWA,JASA PENDIDIKAN
Page(s) 128
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kualitas jasa yang meliputi keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), empati (emphaty) dan berwujud (tangible) secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa dalam menggunakan jasa pendidikan STIE Malangkuçeçwara Malang serta untuk mengetahui faktor kualitas jasa yang paling berpengaruh diantara faktor-faktor keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), empati (emphaty) dan berwujud (tangible) terhadap kepuasan mahasiswa dalam menggunakan jasa pendidikan STIE Malangkuçeçwara Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Strata 1 STIE Malangkuçeçwara Malang Angkatan 2000/2001 dengan jumlah sampel ditetapkan sebanyak 121 responden dan menggunakan teknik sampling accidentally sampling (sampel seadanya). Hasil uji validitas dan reliabilitas, menunjukkan bahwa semua item-item dalam peubah yang digunakan valid dan reliabel. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis regresi berganda. Dari hasil pengujian hipotesis I diketahui nilai F hitung (70,927) lebih besar dari nilai F tabel (2,29) dan nilai Sig F (0,000) lebih kecil dari taraf signifikan 5% (0,05) sehingga keputusannya adalah menolak Ho dan menerima Ha. Hal ini berarti peubah-peubah bebas berupa Keandalan/Reliability (X1), Daya Tanggap/ Responsiveness (X2), Kepastian/Assurance (X3), Empati/Emphaty (X4) dan Berwujud/Tangible (X5) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Kepuasan Mahasiswa (Y). Nilai R square sebesar 0,755 menunjukkan bahwa peubah-peubah Keandalan/Reliability (X1), Daya Tanggap/Responsiveness (X2), Kepastian/Assurance (X3), Empati/Emphaty (X4) dan Berwujud/Tangible (X5) secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap peubah Kepuasan Mahasiswa (Y) sebesar 75,5% dan sisanya sebesar 24,5% dijelaskan oleh peubah-peubah lain selain yang diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Keandalan/Reliability (X1), Daya Tanggap/ Responsiveness (X2), Kepastian/Assurance (X3), Empati/Emphaty (X4) dan Berwujud/Tangible (X5) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah Kepuasan Mahasiswa (Y). Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II diketahui hasil pengujian hipotesis II diketahui nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel nilai Sig t masing-masing peubah bebas berada di bawah nilai taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini berarti keputusan yang diambil adalah menolak Ho dan menerima Ha sehingga semua peubah bebas yang digunakan dalam penelitian ini berupa Keandalan/Reliability (X1), Daya Tanggap/Responsiveness (X2), Kepastian/ Assurance (X3), Empati/ Emphaty (X4) dan Berwujud/Tangible (X5) secara individual (parsial) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat yaitu Kepuasan Mahasiswa (Y). Dari besarnya nilai koefisien regresi diketahui bahwa peubah Berwujud/ Tangible (X5) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,210) diantara nilai koefisien regresi peubah bebas yang lain. Sehingga diketahui bahwa peubah Berwujud/Tangible (X5) merupakan peubah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y). Sehingga hipotesis 2 diterima (terbukti), bahwa peubah Berwujud/Tangible (X5) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap peubah Kepuasan Mahasiswa (Y).

 

18.118.30.253