Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENTINGNYA PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADAPERUSAHAAN SEPATU HOUSE OF MR. PIENK MALANG

Thesis Detail
Author INGELIA RISA CHURIATUL KUDUS
Student's ID (NPK) K.991.23006 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PROMOSI,SALURAN DISTRIBUSI
Page(s) 111
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya menghadapi berbagai kendala yang dapat menghambat tercapainya tujuan perusahaan yang telah direncanakan oleh pihak manajemen perusahaan. Volume penjualan yang semakin menurun karena perusahaan kurang efektif dalam melakukan pelaksanaan kegiatan promosi dan pelaksanaan kegiatan saluran distribusi. Penelitian ini dilakukan untuk Untuk mengetahui gambaran di dalam perusahaan khususnya mengenai promosi dan saluran distribusi serta bagaimana pelaksanaan promosi dan penetapan saluran distribusi yang telah dilakukan oleh perusahaan dan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh peranan saluran distribusi dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan Perusahaan Sepatu House of Mr.Pienk Malang yang selanjutnya digunakan untuk mencari pemecahan permasalahan yang dihadapi perusahaan dengan menetapkan kegiatan promosi dan saluran distribusi yang tepat guna meningkatkan volume penjualan. Dalam melakukan penelitian di Perusahaan Sepatu House of Mr Pienk Malang digunakan jenis penelitian yaitu penelitian studi kasus karena hal ini sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh Perusahaan Sepatu House of Mr. Pienk Malang. Peubah dan pengukuran yang digunakan adalah promosi, saluran distribusi dan volume penjualan. Metode analisis yang digunakan adalah analisa koefisien korelasi berganda, analisa regresi berganda dan uji F serta uji t. Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa secara bersama-sama kebijaksanaan promosi dan saluran distribusi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan besar kecilnya tingkat volume penjualan yang diraih perusahaan , yang ditunjukkan dengan besarnya koefisien korelasai berganda (R = 0,999) dengan Fhitung (471,852) yang lebih besar dari Ftabel (19,00). Sedangkan berdasarkan nilai koefisien regresi peubah promosi (X1) sebesar 4,969E- 05 lebih besar daripada peubah saluran distribusi (X2) sebesar 1,610E-05 sehingga dapat disimpulkan bahwa biaya promosi merupakan biaya yang dominan terhadap volume penjualan. Untuk meningkatkan volume penjualan maka perusahaan dapat melakukan dengan cara meningkatkan kebijaksanaan promosi dan kebijaksanaan saluran distribusi, hal-hal yang dilakukan antara lain peningkatan biaya promosi dan saluran distribusi. Untuk biaya promosi yang semula pada tahun 2004 adalah Rp 52.100.000 maka pada tahun 2005 ditingkatkan menjadi Rp 80.023.000, kegiatan promosi yang lebih dominan yang perlu ditingkatkan adalah iklan radio, karena pada tahun 2004 iklan radio hanya untuk 7 daerah pemasaran saja sekarang ditingkatkan menjadi 11 daerah pemasaran. Sedangkan untuk saluran distribusi yang semula pada tahun 2004 berjumlah 14 agen ditingkatkan menjadi 18 agen dengan demikian biaya saluran distribusi juga meningkat yang semula Rp 89.000.000 menjadi 128.020.000. Adanya peningkatan biaya promosi dan biaya saluran distribusi diharapkan volume penjualan meningkat antara 8676 – 8930 dos sepatu yang semula hanya 6754 dos sepatu.

 

3.15.174.76