Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA (RESPONDEN PADA MAHASISWA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI STIE MALANGKUCECWARA MALANG)

Thesis Detail
Author AKHMAD ZAINUDDIN SALIM
Student's ID (NPK) K.991.23721 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN, KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 142
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Pada masa sekarang alat transportasi merupakan kebutuhan pokok yang sangat membantu masyarakat untuk beraktivitas. Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang sudah dikenal dan biasa digunakan masyarakat untuk berpergian ke tempat yang dituju, dan mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk menunjang aktivitas sehari-harinya. Mahasiswa mempunyai pikiran yang kritis dalam menyikapi berbagai hal, begitu pula dalam menyikapi suatu produk sepeda motor, mahasiswa tidak begitu mudah menerima suatu produk sepeda motor yang belum diyakini dan belum dibuktikan kebenaran dari produk tersebut. Keputusan mahasiswa yang memilih sepeda motor Honda tentu karena dipengaruhi berbagai faktor. Setiap mahasiswa mempunyai Faktor-faktor yang berbeda dalam pengambilan keputusan memilih sepeda motor Honda. Berdasarkan teori, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku Konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, serta faktor psikologis. Dengan berpedoman pada faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, serta faktor psikologis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, serta faktor psikologis mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, dan apakah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, serta faktor psikologis mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan menguji hipotesis, untuk mengetahui faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, serta faktor psikologis mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian maka digunakan uji F, sedangkan untuk mengetahui faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, serta faktor psikologis mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian maka digunakan uji t. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh hasil analisis korelasi dan regresi sebagai berikut: 1. Pada hipotesis I yang menduga bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara peubah Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), Psikologis (X4) terhadap peubah Keputusan Pembelian (Y), diperoleh Nilai F hitung menunjukkan nilai sebesar 9,790 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 2,50, hal ini menunjukkan adanya pengaruh secara simultan antara peubah Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), Psikologis (X4) terhadap peubah Keputusan Pembelian (Y), sedangkan koefisien korelasi koefisien korelasi (R=0,595) menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat dan bersifat positif, dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,352 menunjukkan bahwa hal ini menunjukkan peubah Keputusan Pembelian (Y) dipengaruhi sebesar 35,2% oleh peubah Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), Psikologis (X4) sedangkan 64,8% dipengaruhi oleh peubah atau sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 2. Pada hipotesis II yang menduga terdapat hubungan secara parsial antara peubah keputusan pembelian (Y) dengan Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), Psikologis (X4), diperoleh nilai t hitung setiap peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan secara parsial antara peubah keputusan pembelian (Y) dengan peubah Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), Psikologis (X4). Diketahui pula bahwa koefisien regresi peubah Sosial (X2) adalah yang paling besar dibanding dengan koefisien regresi peubah bebas lainnya. Hal ini berarti peubah Sosial (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap peubah keputusan pembelian (Y).

 

18.222.97.149