Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN RAKET “AKRAB” MALANG

Thesis Detail
Author ANIS NURFADHILA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27687 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS SWOT,STRATEGI PEMASARAN
Page(s) 111
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian yang bersifat diskriptif dengan pendekatan kualitatif ini mengambil obyek penelitian Perusahaan Raket “AKRAB” di kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat menggunakan analisis SWOT sebagai alat bantu dalam menetukan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan dan untuk mengetahui peranan analisis SWOT dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, terutama bagaimana perusahaan mampu menggunakan kekuatan dan peluangnya untuk mencapai tujuan, atau mengatasi kelemahan dan ancaman agar perusahaan mampu bertahan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis SWOT yang digunakan untuk menentukan strategi yang sesuai dengan perusahaan. Realitas hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Raket “AKRAB” Malang masih menghadapi kelemahan dalam penguasaan teknologi dan desain produk yang minim, kurangnya kegiatan dalam bidang pemasaran, kemampuan Sumber Daya Manusia nya yang masih rendah dan kurangnya pengetahuan dalam hal organisasi. Perusahaan sebenarnya kurang memperhatikan peluang-peluang yang ada di sekitarnya untuk dimanfaatkan untuk peningkatan kemajuan bagi perusahaan. Berdasarkan analisis SWOT dapat dilihat bahwa peluang yang dimiliki perusahaan lebih besar jika dibandingkan dengan ancamana yang ada. Sedangkan untuk kekuatan dari perusahaan juga lebih besar jika dibandingkan dengan kelemahannya. Ini berarti perusahaan mempunyai modal untuk mengembangkan kemajuan usahanya. Strategi yang diusulkan adalah pengembangan produk, dengan cara menambah variasi produk baru berupa shuttle cocks. Selain itu perusahaan juga mempercantik kemasan produk dengan memberikan Tas Raket yang dapat menambah nilai guna produk. Mencari peluang dengan memperhatikan situasi yang pas dalam kegiatan masyarakat misalnya menjadi sponsor kegiatan olahraga di sekolah-sekolah atau menjadi sponsor pada acara HUT-RI.

 

3.128.203.137