Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN PEMERIKSAAN OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI OPERASI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN ROKOK BOKOR MAS MOJOKERTO

Thesis Detail
Author ANNA
Student's ID (NPK) A.2001.1.2613 (AKUNTANSI)
Subject AUDIT
Keyword PEMERIKSAAN PEMASARAN,OPERASI PEMASARAN
Page(s) 68
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Setiap perusahaan dituntut untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya secara efektif dan efisien agar dapat mengoptimalkan hasil kerja perusahaan, sehingga perusahaan mampu bertahan dan mampu menghadapi persaingan yang kian ketat. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut, perusahaan melakukan aktivitas pemasaran untuk menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang diproduksinya. Untuk mengetahui dan menilai efektivitas dan efisiensi bagian pemasaran diperlukan suatu pemeriksaan terhadap fungsi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pemeriksaan operasional fungsi pemasaran perusahaan dan untuk melakukan pemeriksaan operasional fungsi pemasaran pada perusahaan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa selama ini perusahaannya sudah melakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen pemasaran menunjukkan bahwa lingkungan pemasaran secara umum telah mendukung tercapainya tujuan perusahaan baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek, strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan secara mum telah sesuai dengan tujuan dan misi perusahaan untuk masa yang akan datang, untuk organisasi pemasaran walaupun sudah ada pemisah antara bagian penjualan dan pemasaran tetapi pelaksanaannya masih rancu karena kurangnya pemahaman konsep penjualan dan pemasaran. Sistem pemasaran secara umum kurang baik karena sistem informasi pemasaran masih bersifat satu arah dan terbatas serta sistem pengendalian hanya dilakukan setelah terjadinya penyimpangan saja, produktivitas pemasaran masih kurang efektif karena sumber daya perusahaan pada bagian pemasaran belum melakukan kegiatan pemasaran secara optimal, dan untuk fungsi pemasarannya masih belum sepenuhnya mendukung kegiatan pemasaran karena kurangnya promosi dan terbatasnya jumlah perwakilan daerah atau agen. Untuk lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi pemasaran, perusahaan hendaknya melakukan pemeriksaan operasional secara teratur dan berkala, untuk organisasi pemasaran walaupun pemisahan fungsi sudah dilakukan tetap harus disertai pula dengan pemahaman yang jelas tentang fungsi dan peranan dari masing-masing bagian, sistem informasi hendaknya lebih dikembangkan dengan cara mencari informasi dari berbagai sumber yang terkait agar diperoleh informasi yang lebih akurat dan tepat waktu, kegiatan penjualan harus mendapat porsi pengawasan dan pengendalian yang lebih tinggi agar penyimpangan antara rencana dan realisasi penjualan bisa terus di minimalisasi, untuk meningkatkan produtivitas pemasaran hendaknya perusahaan lebih memotivasi karyawannya dengan memberi bonus atau komisi dari hasil pemasarannya hendaknya perusahaan menggencarkan promosi yang efektif dan menambah perwakilan daerah atau agennya.

 

3.149.243.106