Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PROMOTIONAL MIX UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PABRIK ROKOK KIDANGBANG MALANG

Thesis Detail
Author KIKI GITA SWADHIKA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27030 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH PROMOTIONAL MIX UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN
Page(s) 87
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Promosi merupakan media / alat bagi perusahaan untuk membangun komunikasi dengan masyarakat luas, khususnya dengan konsumen dari produk yang dihasilkan. Tujuan dari komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan adalah untuk memberi informasi mengenai produk-produk yang dihasilkan supaya masyarakat mengetahui dan tertarik untuk membeli, selain itu bagi konsumennya sendiri adalah untuk memperkuat positioning merk dari produk yang dipromosikan di benak konsumen. Adapun bentuk komunikasi yang dibangun melalui kegiatan promotional mix yang terdiri atas : advertising, personal selling dan sales promotion. Untuk itu akan dibahas mengenai pelaksanaan promotional mix untuk dapat membantu meningkatkan volume penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran di dalam perusahaan, khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan promotional mix yang telah dilakukan oleh perusahaan untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan volume penjualannya yang tidak stabil. Diharapkan juga dengan penelitian ini dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan angka penjualan perusahaan naik-turun. Berdasarkan hasil Uji Korelasi Berganda, maka biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai koefisien korelasi berganda sebesar 0,872 atau 87,2 % dengan F hitung 33,867 yang lebih besar daripada F tabel 2,091. Sementara berdasarkan Angka Adjusted R Square 0,738 atau sebesar yang berarti 73,8 % perubahan penjualan dipengaruhi oleh promotional mix sedangkan sisanya 26,2 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar promotional mix yang tidak masuk dalam model penelitian. Berdasarkan Uji Regresi Berganda, koefisien dari semua peubah bebas menunjukan nilai positif dimana t hitungnya lebih besar daripada t tabel. Dengan demikian koefisien Regresi tersebut adalah signifikan pada tingkat kepercayaan  = 0,05. Sedangkan berdasarkan nilai koefisien Regresi dari masing-masing peubah dapat disimpulkan bahwa personal selling merupakan media promotional mix yang paling besar kontribusinya untuk meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan hasil Interpretasi dapat disimpulkan advertising, personal selling dan sales promotion secara bersama – sama maupun secara parsial memiliki hubungan yang dan pengaruh yang signifikan terhadap penjualan. Oleh karena itu advertising, personal selling dan sales promotion perlu dilakukan seefektif mungkin dan tepat sasaran agar biaya promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan tidak terbuang percuma, melainkan dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan.

 

18.116.45.127