Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PENJUALAN TERHADAP BUDGET PRODUKSI PADA PERUSAHAAN TENUN “RAJIN” LAWANG

Thesis Detail
Author SITI MIFTAHUL JANNAH
Student's ID (NPK) A.2002.1.27616 (AKUNTANSI)
Subject ANGGARAN
Keyword PENJUALAN, DAN BUDGET PRODUKSI
Page(s) 114
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Setiap perusahaan didirikan dengan tujuan untuk memperoleh laba dan berusaha untuk mempertahankan atau meningkatkan laba yang diperoleh tersebut. Keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuan yaitu keuntungan dan efisien ditentukan oleh perencanaan yang dibuat oleh perusahaan, sehingga aktivitas perusahaan tidak menyimpang dari rencana atau program yang telah dibuat. Salah satu alat yang berfungsi sebagai alat perencanaanm pengkoordinasian dan pengendalian dalam suatu perusahaan adalah budget, karena budget yang disusun secara realistis akan dapat mengetahui apakah perusahaan telah beroperasi secara efektif dan efisien dan telah disesuaikan dengan rencana yang ada, sehingga biaya yang dikeluarkan dapat dikendalikan oleh perusahaan. Forecast penjualan merupakan pusat dari seluruh perencanaan perusahaan, tujuan forecast penjualan adalah untuk merencanakan tingkat penjualan pada periode yang akan datang dengan memperhatikan data yang merupakan pencerminan kejadian yang dialami perusahaan di masa yang lalu terutama dibidang penjualan. Selanjutnya forecast penjualan yang telah dibuat akan berpengaruh atau menentukan keputusan dan kebijaksanaan yang diambil meliputi perencanaan produksi, persediaan barang jadi, pembelian bahan baku dan pembantu, serta biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai penjualan yang direncanakan, semua itu tercermin dalam anggaran produksi. Jadi anggaran produksi merupakan penjabaran rencana penjualan yang telah ditetapkan ke dalam rencana produksi, sehingga barang yang diproduksi sesuai dengan yang direncanakan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1. Untuk mengetahui aktivitas Perusahaan Tenun “Rajin” Lawang 2. Untuk memberikan gambaran dan analisa masalah berkaitan dengan pengaruh penjualan terhadap budget produksi. Untuk mengetahui bagaimana aktivitas Perusahaan Tenun “Rajin” Lawang maka dilakukan observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data, adapun data yang diperlukan untuk keperluan analisis meliputi data penjualan, data produksi, bahan baku, persediaan, biaya TKL, biaya administrasi dan umum, serta biaya overhead pabrik. Selanjutnya untuk menganalisis pengaruh penjualan terhadap budget produksi maka analisis yang dilakukan terdiri dari: 1. Anggaran penjualan 2. Anggaran produksi 3. Anggaran bahan baku terdiri dari : a. Anggaran pemakaian bahan baku b. Anggaran biaya bahan baku c. Anggaran persediaan bahan baku d. Anggaran pembelian bahan baku 4. Anggaran TKL 5. Anggaran biaya overhead pabrik 6. Anggaran harga pokok produksi 7. Anggaran harga pokok penjualan 8. Anggaran biaya administrasi dan umum 9. Anggaran biaya penjualan 10. Anggaran laba rugi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa anggaran penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan selama tahun 2002-2005 tidak pernah tercapai, hal ini disebabkan penjualan yang dicapai perusahaan selama tahun 2002-2005 mengalami penurunan yang relatif besar, penyebab penurunan penjualan adalah persaingan sarung tenun di pasar sangat ketat. Penurunan penjualan dari tahun ke tahun belum diikuti dengan penyesuaian anggaran oleh perusahaan tenun “Rajin” Lawang sehingga terjadi over estimate, atau anggaran yang ditetapkan tidak pernah tercapai setiap tahunnya. Hasil analisis terhadap data yang diperoleh dapat diketahui bahwa penjualan memiliki pengaruh positif dengan budget produksi, artinya perubahan penjualan akan menyebabkan perubahan budget produksi yang ditetapkan atau peningkatan penjualan akan menyebabkan peningkatan budget produksi dan sebaliknya penurunan penjualan akan menyebabkan penurunan budget produksi. Besarnya penjualan yang dicapai perusahaan pada periode sebelumnya digunakan untuk menentukan anggaran penjualan (forecast penjualan), selanjutnya dari forecast dapat ditentukan berapa jumlah barang yang harus diproduksi serta biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk proses produksi yang kesemuanya tercakup dalam anggaran biaya produksi.

 

18.226.82.78