Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENJADI NASABAH KREDIT PADA PT. BPR KOTA PASURUAN

Thesis Detail
Author EUNIKE MULYONO MAMUSUNG
Student's ID (NPK) K.2002.1.27373 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword BAURAN PEMASARAN,KEPUTUSAN KONSUMEN
Page(s) 132
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Bertitik tolak pada persaingan dunia perbankan maka setiap perusahaan perbankan meningkatkan kualitas pelayanan untuk merebut nasabah maksimal mungkin. Dalam peningkatan kualitas pelayanan yang tercermin dalam bauran pemasaran jasa yaitu Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Empathy (Perhatian), Assurance (Jaminan) dan Tangible (Bukti Langsung),yang harus diperhatikan agar tercapai kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah dapat berdampak langsung pada keputusan calon nasabah. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dan pengaruh bauran pemasaran secara bersama-sama terhadap pengambilan keputusan menjadi nasabah kredit di PT. BPR Kota Pasuruan. Pada tiap-tiap bank mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam meningkatkan kualitas bauran pemasaran jasa sehingga penelitian ini berguna memberi masukan bagi nasabah tentang elemen-elemen bauran pemasaran yang berhubungan dengan keputusan menjadi nasabah kredit dan sebagai bahan masukan bagi pengelolah bank dalam membuat kebijakan untuk memasarkan jasa bank yang ditanamkan khususnya pada PT. BPR Kota Pasuruan. Dalam penelitian ini pada hipotesis ke 1 menggunakan korelasional (correlation research) agar PT. BPR Kota Pasuruan pada khususnya mengetahui sejauhmana hubungan varian-varian pada faktor bauran pemasaran yang telah dilakukan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan lebih optimal lagi dengan kriteria pengujian jika Fhitung Ftabel berarti Ho ditolak. Untuk hipotesis ke 2 menggunakan metode regresi linier berganda untuk mengetahui faktor bauran pemasaran paling dominan yang dapat mempengaruhi keputusan menjadi nasabah kredit sehingga PT. BPR Kota Pasuruan dapat meningkatkan pelayanan sesuai dengan harapan calon nasabah. Dengan kriteria pengujian jika thitung ttabel berarti Ho ditolak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,621 dan R square 38,6% yang menunjukkan hubungan kuat antara variabel bebas dan variabel terikat. Pengujian secara simultan diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 11,796 > 2,02, maka pendukung penolakan terhadap Ho dan menerima keputusan terhadap Ha yang mengindikasikan terhadap pengaruh yang signifikan secara simultan antara bauran pemasaran terhadap keputusan menjadi nasabah kredit. Pada penelitian secara parsial diperoleh nilai koefisien regresi Reliability (X1) = 0,103, Responsiveness (X2) = 0,182, Assurance (X3) = 0,110, Empathy (X4) = 0,08, dan Tangible (X5) = 0,145. Sedangkan keputusan terhadap Ho pada pengujian t diperoleh (X1) = diterima, (X2) = ditolak, (X3) = diterima, (X4) = diterima, (X5) = ditolak, dengan kriteria pengujian jika thitung = ttabel keputusan Ha diterima dan sebaliknya. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan adalah Tangible (X5). Dengan penelitian ini dapat disarankan kepada pihak PT. BPR Kota Pasuruan agar meningkatkan bauran pemasaran jasa tersebut khususnya Tangible (Bukti Langsung) dan faktor lainnya Responsiveness (Daya Tanggap), Reliability (Keandalan), Assurance (Jaminan), Empathy (Perhatian), dan, agar tercapainya tujuan perusahaan yang optimal.

 

3.144.193.231