Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS RANGSANGAN PEMASARAN (MARKET STIMULUS) YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN (STUDI PADA PERUSAHAAN “ISTANA GAJAYANA” MALANG)

Thesis Detail
Author THOMY VIO EFENDI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26069 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword RANGSANGAN PEMASARAN (MARKET STIMULUS) KONSUMEN, DANKEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 100
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Dalam era pembangunan dewasa ini sektor usaha perumahan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang cukup pesat, karena pada hakekatnya kebutuhan perumahan merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang disamping kebutuhan sandang dan pangan. Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama, yang menawarkan berbagai macam fasilitas serta kemudahan, sehingga mengakibatkan persaingan bisnis dibidang property semakin meningkat. Perkembangan pembangunan ini terasa sekali di kota-kota besar seperti halnya kota Malang. Seiring dengan besarnya permintaan akan perumahan maka pembangunan perumahan dan pemukiman perlu lebih ditingkatkan dan diperluas hingga dapat makin merata dan menjangkau masyarakat lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh produk, harga, promosi, tempat terhadap keputusan pembelian perumahan perumahan Istana Gajayana Malang dan untuk mengetahui faktor manakah diantara produk, harga, promosi, tempat yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian perumahan Istana Gajayana Malang. Responden yang diteliti dalam penelitian ini adalah pemilik perumahan Istana Gajayana (KPR BTN) Malang sebanyak 300 unit dengan mengambil sebesar 15% dari jumlah populasi tersebut diperoleh responden yaitu sebanyak 45 orang responden. Hasil – hasil penelitian, setelah diadakan pengujian terhadap seluruh peubah bebas yang terdiri atas peubah produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan tempat (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang bermakna terhadap peubah terhadap keputusan pembelian (Y) sebagai peubah terikat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ( R ) sebesar 0,778 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,605 dengan F hitung sebesar 15,311 sedangkan F tabel sebesar 2,61 pada tingkat signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai F hitung lebih besar dari F tabel berarti pernyataan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji korelasi parsial diperoleh hasil bahwa semua nilai koefisien korelasi parsial dari setiap peubah bebas adalah signifikan karena semua nilai t-hitungnya lebih besar dari t-tabel dan ternyata peubah produk (X1) mempunyai koefisien korelasi parsial lebih tinggi sebesar 0,620 jika dibandingkan dengan koefisien korelasi partial peubah harga (X2), promosi (X3), Tempat (X4), artinya bahwa peubah produk (X1) mempunyai hubungan dominan terhadap keputusan pembelian (Y) daripada peubah-peubah lainnya. Dengan demikian pernyataan hipotesis II dapat dibuktikan. Dari koefisien regresi peubah produk mempunyai nilai koefisien paling tinggi 0,187 jika dibandingkan dengan peubah-peubah lain hal ini berarti bahwa produk berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, pernyataan hipotesis II dapat dibuktikan.

 

18.118.37.240