Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. JAYA ABADI MADIUN

Thesis Detail
Author S A M U J I
Student's ID (NPK) A.2002.1.27602 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN
Page(s) 123
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Alat ukur kinerja perusahaan dipakai oleh pihak manajemen sebagai acuan untuk mengambil keputusan dan mengevaluasi kinerja manajemen dan unit-unit terkait dilingkungan organisasi perusahaan. Begitu pula sebaliknya bagi organisasi, alat ukur kinerja ini dipakai untuk mengkoordinasi antara para manajer dengan tujuan dari masing-masing bagian yang nantinya akan memberikan kontribusi terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai sasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Balanced Scorecard sebagai pengukur kinerja perusahaan dengan menggunakan keempat Prespektifnya. Kinerja PT. Jaya Abadi Madiun berdasarkan customer perspektifnya secara keseluruhan dapat dikatakan baik dan mengarah pada pencapaian visi dan strateginya. Hal ini dapat di lihat dari keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan customer serta mampu manarik customer yang baru. Hal ini disebabkan karena perusahaan mampu untuk memberikan pelayanan serta kepuasan yang terbaik bagi customernya. Walaupun harga penjualan tonnya mengalami kenaikan akan tetapi customer tetap loyal pada perusahaan ini. Kemampuan yang dimiliki perusahaan saat ini dapat menjadi indikator sukses yang penting dalam mewujudkan keinginan perusahaan termasuk perspektif finansial yang berupa maksimalisasi tingkat pengembalian. Kepuasan pelanggan memberikan umpan balik terpenting mengenai seberapa baik perusahaan melaksanakan proses bisnis internalnya. Hasil pengukuran dalam internal business process menunjukkan bahwa kinerja PT. Jaya Abadi Madiun kurang mengarah pada pencapaian visi dan strategi. Hal ini dapat di lihat dari banyaknya produk cacat, sehingga memerlukan perbaikan kembali dan itu akan menambah biaya dan waktu hingga produk tersebut laku di jual kembali. Karena kualitas mutu produk yang dihasilkan akan mempengaruhi loyalitas pelanggan untuk tetap melakukan transaksi dengan PT. Jaya Abadi, serta mencerminkan kinerja yang bagus dari para karyawannya. Hasil pengukuran dari learning and growth sudah mengarah pada visi dan strategi. Walaupun ada beberapa bagian yang kurang sesuai yaitu dengan banyaknya karyawan yang absen tanpa ijin (alpha), dan karyawan yang terlambat. Tingkat turnover karyawan dapat dikurangi dengan menerima saran dari karyawan sehingga akan mempengaruhi tingkat kinerja karyawan dalam melakukan aktivitas produksi, serta dalam menghasilkan mutu suatu produk. Oleh sebab itu PT. Jaya Abadi Madiun melakukan progran pelatihan bagi karyawan, tujuannya untuk meningkatkan skiil karyawan dalam menghasilkan mutu suatu produk yang baik. Tingkat turnover karyawan yang kecil akan mempengaruhi nama baik perusahaan itu sendiri khususnya PT. Jaya Abadi Madiun. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu menjaga hubungan yang baik dengan para karyawan serta memberikan fasilitas-fasilitas yang menunjang kesejahteraan karyawan.

 

3.17.110.58