Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MEREK PRIVAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA HERO SUPERMARKET PLAZA ARAYA, MALANG)

Thesis Detail
Author ARIEF RIFANI
Student's ID (NPK) K.2001.1.25846 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH MEREK PRIVAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 124
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Merek merupakan salah satu aset perusahaan yang sangat bernilai. Dalam ilmu manajemen pemasaran terdapat strategi merek, dimana perusahaan dapat melakukan perluasan merek melalui merek privat yang bertujuan meningkatkan penjualan dan membangun citra perusahaan yang positif. Sebagaimana tujuan merek privat tersebut, pada penelitian ini dititikberatkan pada pengaruh merek privat terhadap keputusan pembelian. Namun, Supermarket Hero Plaza Araya Malang yang juga menerapkan strategi merek privat mengalami permasalahan yaitu tetap rendahnya penjualan produk house brand-nya, walaupun telah ditawarkan dengan harga dan kualitas kompetitif serta persediaan atau stoknya terjaga. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) sejauh mana hubungan dan pengaruh peubah harga, kualitas, kemasan, distribusi dan citra toko pada merek privat terhadap keputusan pembelian, (b) peubah faktor pembentuk merek privat manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian deskriptif ini berjenis korelasional dan menggunakan skala Likert sebagai alat ukurnya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Supermarket Hero Plaza Araya Malang yang rata-rata per harinya sebanyak 500 orang. Mengacu pada tingkat presisi yang dikehendaki dalam penelitian ini, maka diambil 150 orang sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampling, aksidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner dan data sekunder yang berupa observasi dan dokumentasi dari perusahaan. Selanjutnya hasil penyebaran kuesioner diuji validitas dan reliabilitas datanya, setelah itu data dianalisa dengan menggunakan analisa korelasi berganda, regresi berganda dan korelasi parsial. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: Berdasarkan hasil analisis korelasi berganda dapat disimpulkan bahwa hipotesis I yang menyatakan bahwa peubah bebas Koefisien korelasi parsial peubah harga (X1), kualitas (X2), kemasan (X3), distribusi (X4), dan citra toko (X5) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap peubah terikat keputusan pembelian (Y) dan dapat dibuktikan kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari besarnya koefisien korelasi (R) yang diperoleh sebesar 0,941 dan Fhitungnya 261,100 lebih besar dari Ftabel = 2,21 yang menghasilkan keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) yang disesuaikan sebesar 0,897 dapat diketahui besarnya sumbangan peubah bebas (X) terhadap peubah terikat (Y) sebesar 89,7% dan sisanya sebesar 10,3% dipengaruhi oleh peubah bebas yang tidak diikutsertakan dalam model penelitian ini. Berdasarkan analisa regresi linier berganda dan korelasi parsial diketahui bahwa koefisien regresi citra toko (X5) sebesar 0,477 dan koefisien korelasi parsialnya sebesar 0,606 adalah yang terbesar diantara peubah-peubah bebas (X) lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peubah citra toko (X5) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan demikian hasil hipotesis II dapat diterima kebenarannya.

 

18.223.170.21