Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA RENCANA USAHA BISNIS MINIMARKET (STUDI PADA CV. ISTANA NGANJUK)

Thesis Detail
Author MUYASAROH
Student's ID (NPK) A.2002.1.27555 (AKUNTANSI)
Subject ANGGARAN
Keyword STUDI KELAYAKAN BISNIS
Page(s) 102
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Di dalam menghadapi kondisi perekonomian yang semakin tidak menentu setiap badan usaha yang bergerak dalam bidang bisnis terlepas dari bidang usaha industri maupun jasa haruslah bersaing untuk mendapatkan laba yang maksimal. Selain itu, dalam jangka panjang perusahaan harus berusaha memantapkan dan meningkatkan posisi usahanya di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin kompleks. Hal ini secara tidak langsung mewajibkan perusahaan untuk menyeleksi perkembangan usahanya yaitu tidak hanya memenuhi permintaan pasar saja, namun juga mendayagunakan potensi dan fasilitas yang mungkin masih berlebih serta memanfaatkan peluang-peluang pasar yang masih dapat dimasuki. Adapun langkah-langkah yang biasanya ditempuh perusahaan adalah dengan melaksanakan perluasan usaha atau membuka usaha baru. Setiap perluasan usaha dan pembukaan usaha baru memerlukan suatu studi kelayakan untuk mengetahui apakah usaha-usaha ini akan memberikan keuntungan di kemudian hari atau justru akan merugikan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang kelayakan usaha baru Minimarket milik CV. Istana di tinjau dari semua aspek yang terkait, meliputi aspek pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen, aspek sosial ekonomi dan aspek keuangan, dan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh sehubungan dengan rencana penanaman investasi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan tentang layak tidaknya pembukaan usaha baru bisnis Minimarket CV. Istana ditinjau dari aspek pemasaran, aspek teknik, aspek manajemen, aspek sosial ekonomi dan aspek keuangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pendahuluan, penelitian lapangan yang terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kelayakan yang terdiri dari ARR, PP, NPV, IRR, PI dan Analisis Sensitivitas. Dari hasil Analisis kelayakan dapat disimpulkan bahwa rencana usaha bisnis Minimarket milik CV. Istana ini layak dilaksanakan. Hal ini terlihat dari ARR = 52,5%, PP = 3 tahun, 22 hari, NPV = 1.152.169.545, IRR = 27,46%, PI = 1,41. Sedangkan dari Analisis Sensitivitas penurunan penjualan sebesar 3% menyebabkan NPV = 1.061.655.814. Namun penurunan penjualan jangan sampai mendekati dan melebihi 39% karena penurunan penjualan 39% menyebabkan NPV negatif yaitu sebesar – 24.508.948.

 

3.145.64.126