Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK HP NOKIA 6600(STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG ANGKATAN 2001)

Thesis Detail
Author MUHAMMAD NUR FIRDAUS MATDOAN
Student's ID (NPK) K.2000.1.25247 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,PENGGUNA
Page(s) 77
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pemahaman tentang perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan HP Nokia Tipe 6600 sangat diperlukan oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu manajemen harus tanggap terhadap tantangan untuk terobosan strategi pemasaran yang dirasa paling menguntungkan, karena untuk mencapai suatu keberhasilan dalam memasarkan produk/jasa adalah merupakan usaha untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan sesuai selera konsumen. rumusan permasalahan penelitian adalah apakah faktor-faktor perilaku konsumen mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk HP Nokia Tipe 6600 dan diantara faktor perilaku konsumen manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen menggunakan produk HP Nokia Tipe 6600. Hipotesis pertama diduga faktor-faktor perilaku konsumen yang terdirid ari sikap (X1), persepsi (X2), kepribadian (X3) dan faktor budaya (X4), mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk HP Nokia Tipe 6600 dan hipotesis kedua adalah diduga sikap (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen menggunakan produk HP Nokia Tipe 6600 dibanding peubah persepsi (X2), kepribadian (X3) dan faktor budaya (X4). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Dalam penelitian ini untuk mengukur peubah digunakan skala likert. Untuk menentukan sampel, dilakukan dengan cara mengambil subyek dari populasi yang diteliti yaitu sebanyak 399 mahasiswa yang terdiri dari 187 laki-laki dan 212 perempuan pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkuçeçwara Malang Angkatan 2001, Jurusan Manajemen Keuangan. Sampel yang diambil adalah 399 x 10% = 39.9 » 40 responden. Jumlah ini dianggap memenuhi batasan sampel yang telah disyaratkan. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara Accidental Sampling (kebetulan). Metode Pengumpulan Data antara lain Interview dan kuesioner. Adapun alat-alat analisis yang digunakan dalam perhitungan diatas adalah analisis Korelasi berganda, koefisien korelasi parsial, analisa regresi berganda. Pada pengujian hipotes pertama dengan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho berarti hipotesis empiris yang menduga bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara peubah bebas terhadap peubah terikat diterima, juga bisa diketahui (R) sebesar 0.738 atau 73.8%, yang berarti antara peubah bebas sikap (X1), persepsi (X2), kepribadian (X3) dan faktor budaya (X4), secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk HP Nokia Tipe 6600 (Y) pada tingkat kepercayaan a = 5%. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) dapat diketahui kontribusi peubah bebas terhadap peubah terikat sebesar 0.545 atau 54,5 %, sedangkan sisanya sebesar 0,645 atau 46,5 %. (dari 1 – R2 = 1 – 0,545) dipengaruhi peubah bebas lain yang tidak diteliti. Pada pengujian hipotesis kedua dapat dilihat peubah sikap (X1) mempunyai pengarh yang paling bermakna terhadap keputsan penggunaan HP Nokia Tipe 6600. Hanl ini dapat diketahui berdasarkan koefisien regresi (b) sebesar 0,309. Sehingga keputusan terhadap Ho ditolak dan keputusan terhadap Ha diterima. Dengan demikian hipotesis empirisnya yang menyatakan bahwa sikap (X1) mempunyai hubungan dominan, terbukti.

 

3.142.130.250