Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

MEREK, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DEALER AHASS HONDA SINAR MULIA MALANG

Thesis Detail
Author TAN HARI POERNOMO
Student's ID (NPK) K.2000.1.25910 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PELAYANAN,LOYALITAS, KONSUMEN
Page(s) 88
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena Dealer AHASS HONDA SINAR MULYA Malang mengalami persaingan yang tinggi, baik dari sesama dealer Honda maupun dari merek sepeda motor yang lain yang berdampak pada penurunan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen dan untuk mengetahui pengaruh merek, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Terdapat dua hipotesis yang dikemukakan, yaitu Hipotesis I: Diduga merek (X1), kualitas produk (X2) dan kualitas pelayanan (X3) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (Y), dan Hipotesis II: Diduga merek mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas merek (Y).Untuk membuktikan hipotesis I digunakan analisis korelasi berganda dan uji signifikan F, dan membuktikan hipotesis II digunakan regresi berganda dengan uji signifikan t. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah pembeli sepeda motor dan pelanggan service sejumlah 70 orang yang diambil semua sebagai sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah korelasi berganda, regresi berganda serta uji signifikan F dan t. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis I dapat dibuktikan karena koefisien korelasi berganda sebesar 0,928 dengan nilai F hitung = 47,135 lebih besar dari F tabel = 2,75 pada probabilitas 0,000. Besarnya sumbangan (proporsi) peubah bebas merek (X1), kualitas produk (X2) dan kualitas layanan (X3) terhadap peubah terikat loyalitas merek (Y) sebesar 68,2% dimana peubah bebas yang lainnya sebesar 31,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan pula bahwa peubah merek (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah loyalitas merek dengan koefisien regresi = 0,352, sehingga hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya. Pengelola Dealer AHASS Honda Sinar Mulia Malang sebaiknya terus berupaya untuk meyakinkan kepada konsumen bahwa kualitas Sepeda Motor Honda tetap tinggi dan terjamin. Dealer AHASS Honda Sinar Mulia Malang hendaknya mampu menjaga kualitas produk Honda dengan menyediakan spare part asli Honda, sehingga harga jual kembali sepeda motor Honda tetap tinggi. Pelayanan service hendaknya lebih ditingkatkan, misalnya dengan memberikan pelayanan service cepat, tepat dan murah sehingga konsumen merasa senang dan akan terus menggunakan jasa layanan service pada Sinar Mulia.

 

18.216.172.229