Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGINAP DI HOTEL HARRIS SAMPIT KALIMANTAN TENGAH

Thesis Detail
Author IKHSAN
Student's ID (NPK) K.2002.1.27349 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN KONSUMEN
Page(s) 95
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Agar seseorang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan perlu dilakukan beberapa usaha baik itu melalui peningkatan pelayanan pelanggan. Mengingat begitu pentingnya kualitas atau mutu pelayanan dalam suatu hotel maka perlunya kiranya ditelit lebih lanjut mengenai hal-hal yang menyangkut kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada Hotel Haris Sampit Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsibility , assurance, empaty ) terhadap kepuasan konsumen menginap di Hotel Haris Sampit Kalimantan Tengah dan untuk mengetahui peubah kualitas pelayanan yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen menginap di Hotel Haris Sampit Kalimantan Tengah. Didalam penelitian ini metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuesioner dan observasi. setelah diuji kebenarannya dan benar-benar valid serta reliable barulah dipakai penelitian. selanjutnya. penelitian ini juga menguji ada tidaknya pengaruh antara peubah bebas dan peubah terikat pada pengujian hipotesis pertama diduga bahwa Ho ditolak. Hal ini dapat dilihat dari F-hitung sebesar 43.180 yang lebih besar dari F-tabel sebesar 2.53.dengan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho berarti hipotesis empiris yang diduga bahwa adanya hubungan secara bersama-sama dari peubah bebas terhadap peubah terikat diterima. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasinya (R) sebesar 0.937 atau 93.7%, yang berarti bahwa hubungan antara peubah bebas yang meliputi adalah tangible (X1), reliability (X2), responsibility (X3), assurance (X4), empaty (X5) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang bermakna pada tingkat kepercayaan a = 5% terhadap peubah terikat kepuasan konsumen menginap di Hotel Haris (Y). Pada uji korelasi parsial (r) dan regresi berganda, dengan ditolaknya Ho dapat disimpulkan bahwa peubah reliability (X2), mempunyai pengaruh dan hubungan yang paling bermakna terhadap kepuasan konsumen menginap di Hotel Haris Sampit Kalimantan Tengah (Y). Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan koefisien parsial (r) X2 memiliki koefisien parsial (r) sebesar 0.692 yang lebih besar dari X1,X3,X4,X5. Sesuai dengan kriteria yang ditetapkan bahwa jika koefisien regresi (b) dan koefisien parsial (r) X2 lebih besar dari koefisien regresi (b) dan koefisien parsial (r) X1,X3,X4,X5. maka Ho ditolak dan keputusan terhadap Ha diterima. Dengan demikian hipotesis empiris yang menyatakan bahwa reliability (X2), mempunyai hubungan dan pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen menginap di Hotel Haris Sampit Kalimantan Tengah (Y), dibandingkan dengan tangible (X1), responsibility (X3), assurance (X4), empaty (X5) dapat diterima.

 

3.142.130.250