Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

EVALUASI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERAPAN GUGUS KENDALI MUTU PADA UNIT OPERASI PELAYANAN PRODUK JASA POS

Thesis Detail
Author LIA MAHARANI DEWI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27660 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword EFEKTIVITAS, EFISIENSI, PENERAPAN GUGUS KENDALI MUTU
Page(s) 120
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI PT. Pos Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri jasa, selalu waspada akan dampak dari setiap persaingan dan mencoba menerapkan Pengendaliaan Mutu Terpadu ( PMT) dengan konsep Gugus Kendali Mutu ( GKM) untuk selalu meningkatkan kesempurnaan produknya. Sebuah konsep yang bertujuan untuk meningkatkan degree of service excellence dengan karyawan sebagai ide penggerak utamanya. Realitas itu memberi makna bahwa usaha PMT pada jajaran PT. Pos Indonesia telah memberikan peluang keterlibatan karyawan pada proses pengambilan keputusan di lingkungan kerjanya. Suatu konsep yang menjadi tren kunci perkembangan perusahaan masa kini. Maka pada suatu tahap tertentu yakni tahap evaluasi program, pada pelaksanaan PMT / GKM dengan pendekatan operasional program perlu dilakukan untuk memberikan penilaian apakah sistem manajemen untuk aktivitas GKM telah berjalan secara efektif dan efisien. Alur yang telah dijelaskan di atas itulah yang memberikan inspirasi bahwa evaluasi GKM memang relevan diterapkan pada PT. Pos Indonesia Outlet Malang dengan layanan jasa yang ada. Metodologi yang digunakan dalam menjawab pertanyaan di atas adalah pendekatan studi kasus. Pendekatan ini sengaja dipilih oleh penulis karena sesuai dengan konteks penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian difokuskan untuk menjawab pertanyaan “bagaimana yang ada dalam rumusan masalah, peneliti tidak dapat mengatur, mengontrol, atau mempengaruhi subyek penelitian, dan penelitian difokuskan pada peristiwa yang terjadi pada obyek skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka, penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan GKM MU pada PT. Pos Indonesia UPT Malang masih belum efisien. Rasio biaya manfaat memberikan nilai 0,38 ini artinya dari setiap rupiah yang dikeluarkan dalam pelaksanaan gugus ternyata menghasilkan 38 sen rupiah. Angka tersebut terjadi karena macetnya siklus PDCA dalam mendapatkan pemecahan masalah – masalah yang dihadapi gugus, sehingga kemungkinan manfaat yang diperoleh belum terlihat secara keseluruhan. Perlunya komitmen manajer dan arahan yang jelas untuk menghindari terjadinya benturan kepentingan, hambatan komunikasi, dan sistem pengendaliannya. Sehingga ia akan berpengaruh terhadap kesuksesan program GKM itu sendiri. Dibentuknya struktur informal program GKM menurut penulis akan sangat membantu meminimalkan permasalahan di atas. Sebab dengan begitu diharapkan nantinya akan dapat memotivasi para karyawan, kebuntuan komunikasi yang diakibatkan oleh birokrasi dan jabatan formal dalam perusahaan akan terkurangi. Sehingga di pihak karyawan tidak akan lagi merasa terbebani dalam memberikan usulannya dan keluhan – keluhannya. Sedangkan manajemen akan memperoleh feedback yang sangat bernilai untuk perencanaan program selanjutnya. Tetapi tentu hal ini harus didukung dengan memadainya manajemen kebijakan, meliputi perencanaan, pelaksaan, pengendalian dan evaluasi GKM dengan baik. Selanjutnya kebijakan program pun perlu direview untuk mencapai perbaikan yang berkesinambungan secara keseluruhan berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan yang ada. Hasil ini penting untuk ditindaklanjuti agar tercapai tujuan secara efektif dan efisien dari program itu sendiri.

 

18.216.172.229