Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

AUDIT PEMASARAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS OPERASI PEMASARAN PADA PT. STM PLASTICINDO PURWOSARI - PASURUAN

Thesis Detail
Author UTYS PRIHWANTI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27424 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword AUDIT PEMASARAN,EFISIENSI,EFEKTIVITAS
Page(s) 131
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Untuk dapat mengatasi dan menilai efisiensi dan efektifitas maka suatu perusahaan memerlukan audit operasional bagian pemasaran dalam melakukan pengendalian terhadap kinerja perusahaan. Dengan melakukan audit operasinal bagian pemasaran melalui analisis terhadap komponen audit pemasaran yang terdiri dari lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran diharapkan dapat menilai efisiensi dan efektivitas dari pelaksanaan audit yang akan berpengaruh terhadap jalannya perusahaan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui peranan audit operasional dalam menilai efisiensi dan efektifitas operasi pemasaran, (2) Mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dalam operasi perusahaan khususnya bagian pemasaran, (3) menilai efisiensi dan efektivitas perusahaan khususnya bidang pemasaran serta memberikan alternatif perbaikan dan saran kepada manajer untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Penelitian ini tergolong penelitian studi kasus yaitu penelitian dengan cara mencari kasus yang terjadi di perusahaan dan meneliti sebab terjadinya. Perusahaan PT. STM Plasticindo berlokasi di Pasuruan penelitian tersebut meliputi : lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, fungsi pemasaran, produktivitas pemasaran. Dimana masing-masing bagian tersebut merupakan komponen yang berperan dalam perusahan pemeriksaan terhadap lingkungan pemasaran bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan. Pemeriksaan terhadap strategi pemasaran bertujuan untuk menilai ketepatan penggunaan strategi melaksanakan pemasaran produk. Pemeriksaan terhadap organisasi bertujuan untuk menilai pembagian tugas dan tanggung jawab pada bagian pemasaran. Pemeriksaan sistem pemasaran bertujuan untuk melihat arus informasi dalam perusahaan terutama pada bagian pemasaran. Pemeriksaan terhadap fungsi pemasaran bertujuan melihat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan apakah telah sesuai dengan tujuan dan strategi pemasarannya. Pemeriksaan produktifitas pemasaran bertujuan untuk menilai kinerja bagian pemasaran apakah telah dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah semua data pendukung lengkap barulah melakukan analisis data: 1. Analisis lingkungan pemasaran 2. Analisis strategi pemasaran 3. Analisis organisasi pemasaran 4. Analisis sistem informasi pemasaran 5. Analisis produktivitas pemasaran 6. Analisis fungsi pemasaran Berdasarkan hasil analisis maka dapat dikatakan bahwa operasi pemasaran perusahaan belum cukup efisien tetapi belum efektif. Hal ini terbukti dengan temuan ROI kurang dari kriteria dan piutang dagang melebihi batasan efektifitas. Selain itu faktor-faktor lain yang dianalisis yaitu faktor lingkungan pemasaran, organisasi pemasaran, strategi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran dan fungsi pemasaran sangat berpengaruh bagi kegiatan pemasaran saran dalam mencapai tujuan.

 

3.19.208.189