Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS VARIABEL-VARIABEL PERILAKU KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK ORIFLAME (STUDI PADA MAHASISWI STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG)

Thesis Detail
Author SUCI ANGGARANI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27619 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword VARIABEL PERILAKU KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 122
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Sebelum menetapkan pilihan atau melakukan pembelian terhadap suatu produk kosmetik konsumen dihadapkan pada suatu proses pembentukan image atau pandangan yang sementara menjadi dasar dalam penilaian suatu tujuan produk yang telah ditetapkan. Selanjutnya jika sudah disadari adanya kebutuhan dan keinginan maka konsumen akan mencari informasi mengenai keberadaan produk yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabelvariabel motivasi (X1), persepsi (X2), kepribadian (X3), sikap(X4), kelas sosial (X5), kelompok referensi (X6), keluarga (X7) dan belajar (X8) terhadap keputusan pembelian (Y). Serta untuk mengetahui diantara variabel-variabel tersebut, variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Oriflame. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan memberikan daftar pertanyaan (kuisioner) kepada responden. Dalam penelitian ini penggalian data lebih diterapkan pada penggunaan kuisioner yang diberikan untuk dijawab oleh responden. Sedangkan metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistic dengan menggunakan SPSS 10.0 for Windows. Analisa data dan pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda. Pengujian hipotesis pertama menguji apakah ada pengaruh secara bersama-sama antara variabel bebas terhadap variabel terikat (Y) dan menggunakan analisis regresi berganda (uji F) dengan kriteria F hitung > dari F tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara variabel-variabel terhadap keputusan pembelian. Untuk hipotesis kedua diduga variabel persepsi (X2) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian. Untuk hipotesis ini digunakan analisis regresi berganda (uji t) dengan kriteria t hitung > dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama dengan analisis regresi berganda telah terbukti bahwa variabel motivasi (X1), persepsi (X2), kepribadian (X3), sikap(X4), kelas sosial (X5), kelompok referensi (X6), keluarga (X7) dan belajar (X8) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) produk kosmetik Oriflame. Terbukti dari koefisien regresi berganda yaitu (multiple R) sebesar 0,872 dengan uji F sebesar 34,980 yang > dari F tabel sebesar 3,15 maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi berganda (uji t) secara parsial menyatakan bahwa hipotesis tersebut tidak terbukti. Dan berdasarkan hasil analisis tersebut ternyata variabel kelas sosial yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari koefisien regresi dari variabel kelas sosial (X5) paling besar yaitu 1,219. Jadi variabel kelas sosial (X5) berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian (Y) produk kosmetik Oriflame.

 

18.118.37.240