Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA BIAYA RELEVAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERUSKAN ATAU MENGHENTIKAN PRODUK MERUGI PADA PT. GATRA MAPAN MALANG

Thesis Detail
Author DESY SILVIA NINGRUM
Student's ID (NPK) A.2002.1.26893 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword ANALISA BIAYA,PRODUK MERUGI
Page(s) 98
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI PT GATRA MAPAN adalah sebuah perusahaan manufaktur berupa pabrik furniture yang memproduksi empat jenis produk, yaitu: prime line, inova series, melody (home furniture), melody (home entertainment), charmee. Dalam menjalankan usahanya manajemen seringkali dihadapkan pada situasi yang mengharuskan untuk melakukan pengambilan keputusan-keputusan khusus dalam kaitannya dengan pemilihan berbagai alternatif. Salah satu contoh keputusan khusus jangka pendek yang harus diambil perusahaan adalah meneruskan atau menghentikan suatu produk dalam rangka memaksimalkan laba perusahaan. Dalam operasinya produk inova series mengalami kerugian, sehingga mempengaruhi laba perusahaan secara keseluruhan. Sehubungan dengan masalah meruginya produk inova series, manajemen perlu menganalisa untuk menentukan apakah produk inova series perlu untuk diteruskan atau dihentikan. Dalam pengambilan keputusan, biasanya data yang diperoleh manajemen sangat banyak dan terdiri dari berbagai jenis data. Data-data tersebut tidak semuanya relevan dengan keputusan yang akan yang akan diambil. Untuk analisa data yang diperoleh terkait dengan pengambilan keputusan khusus meneruskan atau menghentikan produk inova series dapat dilakukan dengan pendekatan biaya relevan. Disamping itu penulis juga menggunakan teknik marjin kontribusi, yaitu selisih antara penjualan dengan biaya variabel. Dalam melakukan analisa tersebut langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Perhitungan biaya yang bisa dihindari dan biaya yang tidak bisa dihindari, 2) Menghitung Rugi-Laba untuk produk inova series, 3) Menghitung marjin kontribusi dan Rugi Laba tersegmen atau untuk semua produk, 4) Evaluasi terhadap produk Inova Series yang merugi, 5) Penentuan Titik Penutupan Usaha (Shut Down Point Produk) Inova Series, 6) Analisa laba segmen. 7) Mempertimbangkan data kualitatif, seperti tersedianya kembali tenaga kerja, dan faktor lain jika perusahaan akan memulai kembali operasinya. 8) Pengambilan keputusan. Dari hasil penelitian dan analisa yang dilakukan, ternyata perusahaan menghasilkan laba segmen sebesar Rp19.388.762,00 dan marjin kontribusi produk Inova Series yang akan hilang jumlahnya masih lebih besar dibandingkan jumlah biaya tetap yang bisa dihindarkan, jika produk Inova Series dihentikan yaitu sebesar Rp168.276.312,00. Sehingga produk Inova Series tidak perlu dihentikan, karena penghetian produk tersebut akan menurunkan laba bersih perusahaan secara keseluruhan.

 

3.137.174.44