Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR SUZUKI TIPE SUZUKI SMASH PADA DEALER SUZUKI MOJOKERTO

Thesis Detail
Author HENI BANOWATI
Student's ID (NPK) K.2002.1.26944 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword STRATEGI PEMASARAN,VOLUME PENJUALAN,SEPEDA MOTOR SUZUKI
Page(s) 92
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Permasalahan yang diteliti, yaitu bagaimana menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan Suzuki smash pada dealer Suzuki Mojokerto ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) Mengidentifikasi faktor kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dealer tersebut. 2) Mengetahui sejauh mana faktor peluang yang ada dan ancaman yang dihadapi oleh dealer tersebut dalam penyusunan strategi pemasaran. 3) Untuk mendapatkan gambaran umum tentang kegiatan yang dilakukan oleh dealer tersebut secara komprehensif menyangkut masalah pemasaran, keuangan, promosi, pelayanan, operasional dan sumber daya manusianya. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Menurut Suryabrata (1991: 24) studi kasus adalah penelitian mengenai unit sosial tertentu yang hasilnya merupakan gambaran lengkap dan terorganisasi secara baik mengenai unit tersebut. Selanjutnya peubah yang diteliti, meliputi lingkungan internal (pemasaran, operasi dan SDM) sedangkan lingkungan eksternal (ekonomi, pemerintah, teknologi, persaingan dan demografi). Untuk metode analisis, yaitu menggunakan ETOP, SAP dan SWOT. Hasil analisa ETOP, dapat diketahui bahwa skor dari masing-masing aspek eksternal, yang diketahui bahwa total skor rating berjumlah 3,075 yang lebih besar dari skor rata-rata 2,5. Hal ini menunjukkan adanya peluang yang lebih mendominasi dalam lingkungan eksternal yang dimiliki perusahaan, dapat dipergunakan dalam upayanya mempersiapkan diri untuk berkompetisi dengan pesaing guna dapat meningkatkan pangsa pasar. Hasil analisa SAP, dapat diketahui bahwa skor dari masing-masing aspek internal, yang diketahui bahwa total skor rating berjumlah 3,22 yang lebih besar dari skor rata-rata 2,5. Hal ini menunjukkan adanya kekuatan lebih mendominasi dalam lingkungan internal yang dimiliki perusahaan, yang dapat dipergunakan dalam upayanya mempersiapkan kompetisi dengan para pesaing guna dapat meningkatkan pangsa pasar. Hasil analisa SWOT, dapat diketahui bahwa pangsa pasar dealer Suzuki Mojokerto tahun 2004 sebesar 19,94%, sedangkan tahun 2005 sebesar 22,64%. Selanjutnya pangsa pasar dealer Suzuki Puri tahun 2004 sebesar 13,05%, sedangkan tahun 2005 sebesar 20,79%. Jadi pada tahun 2004 ratio market share perusahaan sebesar 19,94% dengan market growth rate sebesar 106,79% yang lebih dari 100% sehingga dalam posisi high. Sedangkan tahun 2005 terjadi peningkatan ratio market share perusahaan sebesar 22,64% dengan market growth rate sebesar 122,77% yang lebih dari 100%, sehingga dalam posisi high. Selanjutnya berdasarkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai perusahaan, yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal yang dimiliki oleh dealer ini, maka strategi yang tepat adalah strategi keseimbangan.

 

18.223.170.21