Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN ANALISIS SWOT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENGANTISIPASI PERUBAHAN LINGKUNGAN EKSTERN DAN INTERN PADAPERUSAHAAN MIE “MAWAR” NGANJUK

Thesis Detail
Author HENGKY CHRISTIAN
Student's ID (NPK) K.2001.1.25711 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS SWOT, DAN PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENGANTISIPASI PERUBAHAN LINGKUNGAN EKSTERN DAN INTERN
Page(s) 103
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan penelitian ini yang mengambil judul: Penerapan Analisis SWOT Sebagai Alat Perencanaan Strategi Pemasaran Untuk Mengantisipasi Perubahan Lingkungan Ekstern dan Intern Pada Perusahaan Mie “Mawar” Nganjuk, adalah untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan serta peluang-peluang yang dimiliki oleh perusahaan serta seberapa besar tantangan yang berasal dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Alat yang digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan tersebut adalah analisis SWOT dengan memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strengths (kekuatan) perusahaan meliputi penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen, kontinuitas produksi terjamin, hubungan dengan pemasok yang baik, kesejahteraan karyawan terjamin karena sistem upah dan gaji sesuai dengan ketentuan pemerintah, dan pengelolaan saluran distribusi yang cukup baik Sedangkan weaknesess (kelemahan) perusahaan mencakup tidak ada inovasi produk baru, sehingga konsumen jenuh dengan produk yang ada, kualitas sumber daya manusia rendah mengakibatkan rendahnya kreativitas untuk berinovasi dan promosi belum tepat sasaran. Sementara, opportunities (peluang) yang dimiliki perusahaan meliputi hubungan kerja sama yang baik dengan pemasok menjamin kelangsungan dan kontinuitas produksi, teknologi untuk mempertahankan kualitas produk dan untuk menciptakan produk-produk baru yang sesuai dengan selera dan keinginan konsumen, aspek sosial budaya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan riset dan pengembangan produk, pelanggan yang setia/loyal kepada produk perusahaan dapat digunakan sebagai mitra untuk menguji coba produk baru yang diciptakan perusahaan sebelum produk baru tersebut diluncurkan ke pasar yang lebih luas. Di sisi lain, threats (ancaman) terhadap perusahaan meliputi kebijakan pemerintah kurang memperhatikan aspirasi dunia usaha dan cenderung menghambat pertumbuhan dan perkembangan industri consumer goods, pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah dari pada laju inflasi yang menunjukkan bahwa kemampuan daya beli masyarakat masih relatif rendah, pesaing yang kuat dan pelanggan yang beralih ke produk pesaing menyebabkan pangsa pasar produk perusahaan menjadi berkurang.

 

3.137.174.44