Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN JASA DI PEGADAIANKEDIRI

Thesis Detail
Author AGUS SANTOSO
Student's ID (NPK) K.2001.1.26213 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN JASA
Page(s) 134
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Perusahaan Umum Pegadaian adalah lembaga keuangan Negara bukan bank yang memberikan kredit dengan dasar asas gadai. Kebutuhan dana untuk investasi, modal kerja maupun pendidikan biasanya dikaitkan dengan berbagai lembaga keuangan lainnya seperti bank yang banyak terdapat dikota-kota besar maupun dikota-kota kecil. Sedangkan untuk usaha kecil dan untuk kebutuhan pendidikan, prosedur pemberian kredit atau dana segar yang mensyaratkan adanya jaminan terlalu memberatkan, lagi pula baik bank itu sendiri memberikan kredit bagi pengusaha kecil dan bagi kepentingan pendidikan dirasa kurang menarik Dalam situasi perekonomian saat ini, kebutuham keuangan dengan cepat sangatlah sulit jika harus melalui prosedur yang berbelit-belit. Untuk itu Pemerintah telah memberikan fasilitas penyaluran kredit atas dasar hukum gadai yang disalurkan melalui lembaga keuangan lain yaitu Pegadaian. Perum Pegadaian mengetahui hal tersebut merupakan tantangan bagi pegadaian dalam persaingan dengan lembaga keuangan seperti bank.Maka diperlukan motivator bagi pegadaian dalam menghadapi tantangan yang timbul dari image konsumen serta mampu mengevaluasi perilaku konsumen yang cenderung menginginkan kemudahan dalam fasilitas jasa yang diberikan oleh perum pegadaian. Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian korelasional yaitu penelitian yang menyoroti hubungan antara peubah-peubah yang diteliti dan menguji hipotesa yang dirumuskan sebelumnya. Adapun alasan dipilihnya penelitian korelasional ini berdasarkan sample terhadap 286 nasabah Perum Pegadaian Cabang Kediri.Dalam menganalisa data yang digunakan analisa berganda untuk menguji hipotesis pertama yaitu diduga bahwa faktor-faktor kelas sosial(X1), kelompok referensi(X2), keluarga(X3), sikap(X4) dan persepsi(X5) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang cukup bermakna terhadap keputusan dalam menggunakan jasa di pegadaian(Y) dan regresi berganda untuk menguji hipotesis kedua yaitu diduga bahwa peubah kelas sosial (X1)mempunyai hubungan dan pengaruh paling dominan terhadap keputusan dalam menggunakan jasa gadai (Y). Berdasarkan perhitungan korelasi dan sesuai dengan hipotesis pertama maka dapat diinterpretasikan bahwa antara peubah bebas kelas sosial (X1), Kelompok Referensi (X2), Keluarga (X3), sikap (X4), Persepsi (X5)dengan peubah terikat Keputusan Sebagai Nasabah (Y) secara bersama-sama significant dengan koefisien determinasi berganda sebesar 0,703 serta F hitung sebesar 132,357 dan F table sebesar 2,21.Dengan demikian maka keputusan terhadap Ha diterima, atau dengan kata lain bahwa peubah bebas (Kelas sosial, Kelompok referensi, Keluarga, Sikap dan Persepsi) mempunyai hubungan yang erat dan bermakna terhadap peubah terikat (Keputusan sebagai Nasabah..Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peubah bebas Kelas social, Kelompok referensi, Keluarga, Sikap dan Persepsi mempunyai hubungan sebesar 70.3% terhadap peubah terikat Keputusan Sebagai Nasabah (Y), sedangkan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh peubah bebas lainnya yang tidak diteliti. Pada hipotesis kedua menyatakan bahwa, peubah bebas Kelas sosial, (X1) sebesar 0,228 mempunyai pengaruh dan hubungan yang dominan terhadap peubah terikat. Dibandingkan dengan peubah Kelompok referensi (X2) sebesar 0,199, peubah Keluarga (X3) sebesar 0,139, peubah sikap sebesar (X4) 0,162 dan peubah persepsi (X5) sebesar 0,151. Dari kelima peubah tersebut diatas maka dapat memberikan pengaruh dalam pengambilan Keputusan Sebagai Nasabah Pegadaian (Y). Dengan demikian berarti bahwa peubah Kelas sosial (X1) sebesar 0.228 merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan jasa di Pegadaian Kediri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Faktor-faktor Kelas sosial, Kelompok referensi,Keluarga, Sikap dan Persepsi mempunyai hubungan dan pengaruh dalam mengambil keputusan sebagai nasabah untuk menggunakan jasa di Pegadaian Kediri. Dari hasil peneliti

 

3.139.80.216