Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR (STUDI PADA PERUSAHAAN FARMASI PT. HENSON FARMA SURABAYA)

Thesis Detail
Author EDDO ARZIANTO
Student's ID (NPK) A.2000.1.24487 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword BALANCED SCORECARD,STRATEGI PEMASARAN,PERUSAHAAN FARMASI
Page(s) 74
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI PT. Henson Farma merupakan perusahaan yang bergerak dibidang farmasi.Perusahaan berlokasi di jalan Rungkut Industri II/1 Surabaya-Jawa Timur dan didirikan oleh Bapak Danny Wijaya. sekaligus sebagai pimpinan perusahaan. Rumusan permasalahan penelitian sebagai berikut, “ Bagaimana penerapan Balance Scorecard sebagai alat pengukur perencanaan strategi pemasaran sebagai upaya meningkatkan pangsa pasar.?" Tujuan dan kegunaan penelitian dimaksudkan untuk memberikan arah pada peneliti dalam penyelesaian penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan berdasarkan analisis Balance Scorecard dan untuk mengetahui tercapainya keseimbangan pengukuran kinerja yang memberikan informasi terhadap empat perspektif yang ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus ini. Studi kasus adalah suatu penelitian yang menggambarkan dan merinci mengenai suatu obyek penelitian, dengan cukup mendalam tentang obyek penelitian dan menyeluruh termasuk lingkungan dan kondisi masa lalunya Untuk mengetahui konsep yang kongkrit maka perlu diterapkan terlebih dahulu peubah yang akan diteliti, agar penelitian yang dilakukan menjadi jelas adapun peubahnya adalah Financial Perspektive, Customer Perpective, Internal Businees Process Perspective, Learning and growth Perspective Sumber data penelitian dalam penelitian ini adalah data primer . Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah interview, dokumentasi. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah empat perpektif yaitu Financial Perspektive Analisis Customer Perspective, Analisis Intenal Business Process Perspective , Analisis Learning and Grow Perspective Perspektif keuangan digunakan karena merupakan suatu hasil dari keputusan atau tindakan ekonomi yang diambil. Dengan pengukuran kinerja keuangan menujukkan apakah kinerja perencanaan, implementasi dan pelaksanaan dari strategi memberikan perbaikan itu tercermin dalam perhitungan keuangan. Faktor yang diukur dalam perspektif keuangan yaitu pertumbuhan nilai penjualan, Gross Profit Margin dan efesienbsi biaya . Adapun penurunan Gross Profit Margin disebabkan penyebab utama hal tersebut karena beban operasional yang ditanggung perusahaan cukup besar sebagai dampak naiknya harga BBM, tarif dasar listrik, dan adanya penyesuaian gaji karyawan. Pelanggan merupakan sumber pendapatan perusahaan, sehingga perusahaan perlu mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk dan pelanggan perusahaan, serta mengukur seberapa besar pelanggan baru yang dapat ditarik perusahaan dihubungakan dengan tingkat keuntungan yang dihasilkan diraih oleh perusahaan dan penjual produk pada target pasar yang dilayani . Kegiatan kinerja perspektif proses bisnis internal meningkat, perusahaan mempunyai Brand Porfolio yang terfokus tersegmentasi dan selalu menjaga kualitas produk .

 

18.216.1.97