Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLI TOP 1 (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG)

Thesis Detail
Author KEVIN INDRA TOBING
Student's ID (NPK) A.2001.26039 (AKUNTANSI)
Subject STUDI KELAYAKAN
Keyword ATRIBUT PRODUK,KEPUTUSAN PEMBELIAN,OLI TOP 1
Page(s) 118
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peubah-peubah dalam atribut produk yang meliputi merek, kemasan, harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian produk oli Top I serta untuk mengetahui peubah dalam atribut produk diantara merek, kemasan, harga dan kualitas yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk oli Top I. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang sebagai konsumen pengguna produk Oli Top 1. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil pengujian hipotesis I diperoleh nilai F hitung sebesar 16,315 lebih besar dari nilai F tabel = 2,68 yang berarti peubah-peubah bebas berupa Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3) dan Kualitas (X4) secara bersama-sama (simultan) mempengaruhi peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y). Nilai Sig F = 0,000 di bawah nilai signifikan 0,05 menunjukkan bahwa pengaruh antara peubah-peubah Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3) dan Kualitas (X4) secara bersama-sama terhadap peubah Keputusan Pembelian (Y) adalah signifikan. Berdasarkan nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,592 menunjukkan bahwa peubah-peubah bebas berupa Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3) dan Kualitas (X4) secara bersamasama menjelaskan peubah Keputusan Pembelian (Y) sebesar 59,2% sedangkan sisanya sebesar 40,8% dijelaskan oleh faktor-faktor lain selain yang diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3) dan Kualitas (X4) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), atau dengan kata lain hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II diketahui nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel dan nilai Sig t-nya di bawah nilai signifikan 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa masing-masing peubah bebas berupa Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3) dan Kualitas (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y). Dari besarnya nilai koefisien regresi diketahui bahwa peubah Merek (X1) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,663) Dari hal tersebut maka dapat diketahui bahwa peubah Merek (X1) merupakan peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sehingga hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.

 

18.216.1.97