Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGGUNAAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM CUSTOMER PROFITABILITY ANALYSIS(CPA) SEBAGAI ALAT BANTU BAGI MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV. CITRA KENDEDES BAKERY MALANG

Thesis Detail
Author DONNA SORAYA OKTAFIANTI
Student's ID (NPK) A.2001.1.26574 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM,CUSTOMER PROFITABILITY ANALYSIS (CPA),STRATEGI PEMASARAN,BAKERY
Page(s) 143
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Program dan strategi pemasaran merupakan suatu strategi yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan juga pelanggan. Dengan strategi pemasaran yang baik, maka perusahaan dapat meningkatkan market sharenya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memperhatikan biaya pelanggan serta sistem informasi pendukungnya. Activity Based Costing System adalah suatu sistem informasi biaya berbasis aktivitas yang didesain untuk memotivasi personel dalam melakukan pengurangan biaya dalam jangka panjang melalui pengelolaan aktivitas. Sedangkan Customer Profitability Analysis (CPA) adalah proses pelaporan dan analisis pendapatan yang didapat dari pelanggan dan biaya yang terjadi untuk mendapatkan pendapatan tersebut. CPA bertujuan menbebankan semua biaya yang muncul dari aktivitas penjualan kepada pelanggan tertentu. Dengan kata lain ABC System disini berfungsi sebagai pendukung dalam penerapan CPA untuk menghitung biaya pelanggan dan kemudian menganalisisnya. Biaya pelanggan (customer costs) adalah biaya yang timbul dari aktivitas melayani pelanggan. Aktivitas pelayanan yang berbeda pada tiap pelanggan akan menimbulkan biaya-biaya yang berbeda-beda pula. Biaya pelanggan atau biaya pemasaran dibagi menjadi dua yaitu biaya mendapatkan pesanan dan biaya memenuhi pesanan. Biaya pelanggan menurut para ahli dapat dijadikan penentu dalam pengambilan keputusan strategi dan program pemasaran yang dihubungkan dengan gross margin dan juga customer costs dari perusahaan tersebut. CV. Citra Kendedes Bakery adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha produksi roti yang berlokasi produksi di Malang. Perusahaan ini juga memperluas usahanya dengan membuka show room roti yang bertempat di Ruko Sulfat. Dalam melakukan kegiatan pemasarannya perusahaan saat ini belum memberikan perhatian lebih pada biaya pelanggan yang merupakan komponen krusial dalam kontribusi laba perusahaan keseluruhan. Sedangkan biaya yang ditimbulkan pelanggan dapat mengurangi laba perusahaan. Pihak manajemen perusahaan kurang memperhatikan biaya pelanggan ini, akibatnya pihak manajemen tidak dapat mengetahui secara langsung besarnya biaya pelanggan-pelanggannya sehingga secara implisit dapat dikatakan pihak manajemen tidak mengetahui berhasil tidaknya program dan strategi pemasaran yang telah dilakukan perusahaan. Jadi tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan strategi dan program pemasaran, serta menghitung dan mengalokasikan biaya pelanggan sebagai alat bantu bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan strategi pemasaran. Dari hasil perhitungan dan pelaporan biaya pelanggan dalam Customer Profitability Report perusahaan dikatakan cukup berhasil dalam menerapkan strategi pemasarannya. Tetapi hal tersebut harus terus ditingkatkan mengingat masih adanya pelanggan yang masuk dalam kategori losers dalam Decision Grid Analysis yang menandakan adanya pelanggan yang merugikan perusahaan.

 

18.225.32.206