Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MATAHARI DEPARTEMEN STORE PASAR BESAR MALANG

Thesis Detail
Author AIN ISTAIN BASHORI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26392 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PRILAKU KONSUMEN, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 122
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABTRAKSI Persaingan antar perusahaan yang bergerak dalam bidang retail pada saat ini semakin kompetitif, sehingga memerlukan strategi pemasaran yang mampu memberikan kepuasan maksimal terhadap para pelanggan. Serta semakin selektifnya konsumen dalam memilih produk serta banyaknya pilihan produk sejenis dengan berbagai merk dan keunggulan serta harga masing-masing saat ini, mengharuskan pengelola perusahaan retail untuk terus melengkapi produk atau barang yang dijual sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen serta memberikan suasana yang menyenangkan dalam berbelanja bagi konsumen. Dengan demikian, konsumen akan merasa puas kalau mendapatkan produk murah sesuai dengan kemampuannya dan kualitas yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, sikap, motivasi, dan persepsi terhadap pembelian di Matahari Departement Store Pasarbesar Malang. Dari hasil analisis korelasi berganda diperoleh koefisien R sebesar 0,298 dengan F hitung = 0,535 lebih besar dari F tabel = 2,38 pada probabilitas 0,777 menghasilkan keputusan terhadap Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis I yang dikemukakan tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Sedangkan pengujian terhadap hipotesis II dapat diketahui dengan melihat nilai koefisien regresi sebesar 0,089, t hitung sebesar -0,477 dengan t tabel sebesar 1,684 ( t hitung 0,05) menghasilkan keputusan terhadap Ho diterima dan Ha ditolak, maka hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis II yang menyatakan, bahwa motivasi (X6) mempunyai hubungan yang paling besar terhadap konsumen dalam melakukan keputusan pembelian diantara peubah-peubah faktor kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga (X3), sikap (X4), dan persepsi (X5) adalah tidak terbukti. Berkaitan dengan hasil di atas, maka perusahaan harus lebih selektif dalam menentukan kebijakan terhadap kepuasan para konsumen, agar mampu bersaing dengan perusahaan sejenis dalam menerapkan efisiensi dan efektifitas kebijakan perusahaan.

 

3.145.42.64