Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM SEBAGAI SALAH SATU UPAYA UNTUK MENGHADAPI KOMPETISI DENGAN PERUSAHAAN ROKOK LAIN PADA PT. ONGKOWIDJOYO

Thesis Detail
Author AULIA ANGGRAENI
Student's ID (NPK) A.2002.1.26902 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM,KOMPETISI
Page(s) 56
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Activity Based Costing System (ABC’S) secara nyata dalam suatu perusahaan rokok yaitu perusahaan rokok Ongkowidjoyo dalam menghadapi kompetisi dengan pesaing-pesaingnya. Activity Based Costing System (ABC’S) merupakan sistem pembebanan biaya berdasarkan aktivitas, yang diperkenalkan untuk mengatasi kelemahan sistem konvensional. Sistem konvensional hanya menggunakan volume related driver dalam membebankan biaya overhead pabrik ke produk, sedangkan ABC’S menawarkan dasar pembebanan biaya yang bervariasi dengan menggunakan cost driver yang mencerminkan konsumsi aktivitas oleh produk atau jasa yang bersangkutan. Konsep ABC’S didasarkan pada prinsip bahwa produk memerlukan aktivitas dan aktivitas mengkonsumsi sumber daya. Tahap-tahap pengolahan data dalam ABC’S meliputi dua langkah, yaitu melacak biaya pada berbagai aktivitas dan kemudian ke berbagai produk. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, ada perbedaan hasil perhitungan antara sistem konvensional dan ABC’S. Harga pokok produk Oepet Kretek dan Oepet Klobot dari perhitungan ABC’S lebih tinggi dari pada hasil perhitungan sistem konvensional. Sedangkan harga pokok produk Oepet Light, Sinarmas dan Kayumas Jaya dari perhitungan ABC’S lebih rendah dari perhitungan sistem konvensional. Dengan adanya informasi harga pokok produk yang lebih akurat berdasarkan ABC’S, maka pihak manajemen perusahaan diharapkan dapat memperoleh informasi yang lebih jelas dalam mengambil keputusan untuk menghadapi persaingan, khususnya keputusan untuk menetapkan harga jual produk.

 

18.225.32.206