Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PROMOSI DAN PEMBERIAN PELAYANAN ( CUSTOMER SERVICE) TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKT UNTUK PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KYMCO PADA PT GRAHA LUHUR MANDIRI TABANAN - BALI

Thesis Detail
Author NI MADE RUSTINA SURYANINGSIH
Student's ID (NPK) K.2001.1.25892 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PROMOSI, PALAYANAN, PEMBELIAN
Page(s) 87
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENGARUH PROMOSI DAN PEMBERIAN PELAYANAN (CUSTOMER SERVICE) TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT UNTUK PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KYMCO PADA PT. GRAHA LUHUR MANDIRI TABANAN – BALI Persaingan diantara dealer sepeda motor untuk saat ini sudah tidak dapat dielakkan lagi, karena berbagai merk sepeda motor seperti Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki dan Motor Cina, Jepang, Korea serta merk-merk sepeda motor lainnya sudah banyak beredar di masyarakat dengan berbagai keunggulan masing-masing. Untuk mengantisipasi adanya persaingan tersebut, maka perlu dilakukan aktivitas promosi yang gencar kepada konsumen, agar konsumen mengetahui, tertarik dan kemudian melakukan pembelian serta memberikan pelayanan pasca pembelian konsumen juga perlu diperhatikan oleh pemasar seperti pemberian service gratis dalam jangka waktu tertentu setelah dilakukan pembelian, penyediaan suku cadang dari jenis sepeda motor tertentu dan sebagainya. Dengan pelayanan ini diharapkan konsumen mendapatkan kepuasan karena dapat memperoleh service dan ketersediaan suku cadang. Permasalahan yang dihadapi PT. Graha Luhur Mandiri Tabanan – Bali adalah adanya persaingan yang tinggi dari merk sepeda motor yang lain karena sepeda motor Kymco termasuk produk baru. Agar dapat bersaing dengan merk sepeda motor yang lain dan merebut perhatian masyarakat agar membeli sepeda motor Kymco, maka pemasar harus dapat melaksanakan aktivitas promosi yang tepat dan memberikan pelayanan yang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi dan pemberian pelayanan (customer service) terhadap keputusan masyarakat dalam pembelian sepeda motor Kymco pada PT. Graha Luhur Mandiri Tabanan – Bali dan untuk mengetahui diantara promosi dan pemberian pelayanan (customer service) yang lebih besar pengaruhnya terhadap keputusan masyarakat dalam pembelian sepeda motor Kymco. Terdapat dua hipotesis dalam penelitian ini, yaitu Hipotesis I diduga advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3), publicity (X4) dan pelayanan/customer service (X5) berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam pembelian sepeda motor Kymco (Y) dan Hipotesis II diduga pelayanan/customer service (X5) memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan masyarakat dalam pembelian sepeda motor Kymco (Y). Data pokok diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada 59 konsumen sepeda motor Kymco yang membeli di PT. Graha Luhur Mandiri Tabanan – Bali. Metode analisis yang digunakan korelasi berganda dan regresi berganda. Dari hasil analisis korelasi berganda dapat disimpulkan bahwa peubah advertising, sales promotion, personal selling, publicity dan pelayanan/customer service memiliki hubungan yang sangat erat dengan keputusan masyarakat dalam pembelian sepeda motor Kymco yaitu sebesar 0,985. Disimpulkan bahwa keeratan hubungan yang terjadi tersebut signifikan dengan F hitung = 340,656 lebih besar dari F tabel = 2,38 pada probabilitas 0,000 Dengan demikian, hipotesis I yang dikemukakan dapat dibuktikan kebenarannya. Besarnya sumbangan (proporsi) peubah bebas X1 – X5 terhadap peubah terikat Y sebesar 97% dimana peubah bebas yang lainnya sebesar 3% dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak ikut diteliti, seperti faktor pribadi, motivasi, kelas sosial dan sebagainya. Dapat disimpulkan bahwa peubah X5 (customer service) dominan pengaruhnya terhadap Y dengan koefisien regresi sebesar 0,276, sehingga hipotesis II yang dikemukakan dapat dibuktikan kebenarannya. Berkaitan dengan hasil analisis, maka promosi dan pemberian pelayanan (customer service) memiliki hubungan dan pengaruh yang besar terhadap keputusan masyarakat membeli sepeda motor Kymco, hendaknya perusahaan dapat menerapkan keempat aktivitas promosi (yaitu advertising, sales promotion, personal selling, publicity) dan pelayanan/customer service dalam upaya meningkatkan penjualan sepeda motor Kymco. Karena produk Kymco relatif baru, maka upaya aktivitas promosi dapat lebih ditingkatkan lagi dengan menyebarluaskan informasi me

 

18.191.68.50