Date: 25-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL,LINGKUNGAN SOSIAL DAN PERILAKU BELAJAR MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA STIE MALANG�E�WARA

Thesis Detail
Author NENY ANUGRA WIDAYATI
Student's ID (NPK) A.2013.1.32168 (AKUNTANSI)
Subject TEORI AKUNTANSI
Keyword KECERDASAN EMOSIONAL, LINGKUNGAN SOSIAL, PERILAKU BELAJAR, DAN TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Page(s) 99
Submit Date 18-03-2019
Lecture(s) Dra.RR. WIDANARNI PUDJIASTUTI, Ak., MSi., CA,CPA


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pendidikan akuntansi khususnya pendidikan tinggi akuntansi yang diselenggarakan di perguruan tinggi ditujukan untuk mendidik mahasiswa agar dapat bekerja sebagai seorang Akuntan Profesional yang memiliki pengetahuan di bidang akuntansi.Untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas maka perguruan tinggi harus terus meningkatkan kualitas pada sistem pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya : Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Sosial Dan Perilaku Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa STIE Malangkuçeçwara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkuçeçwara jurusan akuntansi angkatan 2016 berjumlah 123 orang. Dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, yaitu dengan teknik pengambilan sampel secara acak dan ditemui berdasarkan ketersediaan jumlah sampel yang bersedia memberikan informasi kepada peneliti pada saat waktu pelaksanaan penelitian di lapangan. Metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat Tingkat Pemahaman Akuntansi, Lingkungan Sosial berpengaruh positif signifikan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dan Perilaku Belajar Mahasiswa berpengaruh positif signifikan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.

 

3.139.86.56