Date: 28-03-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PEMENANG PENGHARGAAN CITRA PERUSAHAAN TAHUN 2015-2017

Thesis Detail
Author THERESIA ELLA SURYANI DAUD
Student's ID (NPK) A.2014.1.32798 (AKUNTANSI)
Subject TEORI AKUNTANSI
Keyword CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), CITRA PERUSAHAAN, NILAI PERUSAHAAN, PENGHARGAAN CITRA PERUSAHAAN
Page(s) 97
Submit Date 25-03-2019
Lecture(s) FERA TJAHJANI, SE, Ak, MM, CA


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruhcorporate social responsibility terhadap nilai perusahan dengan citra perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan pemenang penghargaan citra perusahan.Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang memenangkan penghargaan citra perusahaan pada tahun 2015- 2017. Sampel penelitian ini adalah 35 perusahaan selama 3 tahun berturut- turut, sehingga total sampel sebanyak 105 sampel dengan metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistic deskriptif sedangkan uji hipotesis menggunakan SEM PLS versi 3.0. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan SEM PLS, menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan dikarenakan memiliki t-statistik kurang dari 1,96, yaitu sebesar 1,739 dengan nilai signifikannya lebih dari 0,05, yaitu sebesar 0,083. Namun, citra perusahaan dapat memediasi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan dengan t-statistik sebesar 2,600 (2,600> 1,96) dengan nilai signifikan sebesar 0,010 (0,010 1,96) dengan nilai signifikan sebesar 0,046 (0,046 t- tabel (1,96). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruhcorporate social responsibility terhadap nilai perusahan dengan citra perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan pemenang penghargaan citra perusahan.Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang memenangkan penghargaan citra perusahaan pada tahun 2015- 2017. Sampel penelitian ini adalah 35 perusahaan selama 3 tahun berturut- turut, sehingga total sampel sebanyak 105 sampel dengan metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistic deskriptif sedangkan uji hipotesis menggunakan SEM PLS versi 3.0. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan SEM PLS, menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan dikarenakan memiliki t-statistik kurang dari 1,96, yaitu sebesar 1,739 dengan nilai signifikannya lebih dari 0,05, yaitu sebesar 0,083. Namun, citra perusahaan dapat memediasi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan dengan t-statistik sebesar 2,600 (2,600> 1,96) dengan nilai signifikan sebesar 0,010 (0,010 1,96) dengan nilai signifikan sebesar 0,046 (0,046 t- tabel (1,96).

 

54.224.90.25