Date: 29-03-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN IMPULSIF DI SITUS TOKOPEDIA PADA MAHASISWA STIE MALANGKU�E�WARA MALANG

Thesis Detail
Author OKSY ERSTE EDDYANTO
Student's ID (NPK) K.2015.1.33365 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword 4P,CONSUMEN’S TRUST, WEBSITE, PEMBELIAN IMPULSIF, TOKOPEDIA.
Page(s) 77
Submit Date 04-04-2019
Lecture(s) Dr.NUNUNG NURASTUTI UTAMI, SE., M.Si.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat tentunya diikuti dengan perkembangan bisnis yang pesat pula, dimana dahulu seseorang harus bertemu atau face to face untuk melakukan transaksi dan pada saat ini karena kemajuan tekonologi, dimana adanya internet yang memberikan fasilitas market place seperti Tokopedia, Bukalapak, shopee guna mempermudah transaksi yang dapat dilakukan dimana saja, dan di setiap waktu. Hal tersebut menyebabkan banyak munculnya pembisnis online dengan berbagai strategi yang digunakan agar bisa bertahan atau survive dan meraih banyak pelanggan, tentunya selain menggunakan strategi yang ampuh untuk bertahan, para pembisnis perlu memperhatikan faktor-faktor apa saja yang membuat konsumen mau melakukan transaksi, salah satunya adalah pembelian impulsif. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh 4P, consumen’s trust, serta website terhadap keputusan konsumen dalam pembelian impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkuςeςwara tahun angkatan 2015. Penarikan sampel menggunakan random sampling dan sampel dihitung menggunakan rumus slovin dengan hasil yang diperoleh sebanyak 195 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan harga, tempat, promosi, kepercayaan konsumen, dan website berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Serta tempat tidak berpengaruh signifkan terhadap pembelian impulsif. Simpulan dari penelitian ini adalah apabila harga, tempat, promosi, kepercayaan konsumen, dan website yang diterapkan meningkat, maka tingkat terjadinya pembelian impulsif juga akan meningkat. Tokopedia diharapkan agar mampu mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan terhadap pembelian impulsif, sehingga Tokopedia dapat lebih banyak diminati oleh banyak konsumen untuk diakses. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan tetap mempertimbangkan produk, harga, tempat, promosi, website dan consumen’s trust sebagai faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif. Selain itu disarankan untuk dapat mengembangkan hasil dari penelitian ini dengan menambahkan variabel lain seperti emosi positif, pelayanan, hedonic, pleasure, cognitive dan affective. Bagi mahasiswa STIE Malangkuςeςwara yang berminat untuk membuka toko di Tokopedia agar mampu mengetahui hal apa saja yang diperlukan untuk terjadinya pembelian impulsif guna meraih dan meningkatkan penjualan yang tinggi.

 

44.210.240.31