Date: 19-09-2019 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BLACKPINK SEBAGAI BRAND AMBASADOR TERHADAP BRAND IMAGE SHOPEE DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI DI E-COMMERCE SHOPEE

Thesis Detail
Author ALVIN ASADDUN WAFI
Student's ID (NPK) K.2015.1.33380 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE, MINAT BELI, E-COMMERCE
Page(s) 108
Submit Date 04-04-2019
Lecture(s) DIDIK PRIYO SUGIHARTO, SE, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

E-commerce merupakan suatu istilah yang sering digunakan atau didengar yang berhubungan dengan internet, dimana di dalam e-commerce tersebut terdapat suatu kegiatan jual beli yang berlangsung secara online dimana penjual dan pembeli tidak perlu untuk bertatap muka secara langsung. Persaingan antar ecommerce dalam mendapatkan konsumen semakin sengit dengan berbagai macam model promosi. Salah satunya adalah dengan menggunakan brand ambassador untuk meningkatkan minat beli konsumen serta menaikan pamor dari suatu brand image. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsung dari brand ambassador terhadap minat beli konsumen dan mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa stie malangkucecwara tahun angkatan 2015. Penarikan sampel menggunakan random sampling dan sampel dihitung menggunakan rumus slovin dengan hasil yang diperoleh sebanyak 195 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan path analysis dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan visibility, credibility, dan power berpengaruh positif langsung dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Serta brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Namun attraction berpengaruh positif langsung dan tidak signifikan terhadap minat beli. Simpulan dari penelitian ini adalah apabila visibility, credibility, dan power yang diterapkan meningkat maka minat beli konsumen juga akan meningkat. Shopee diharapkan agar terus meningkatkan brand imagenya agar tidak kalah dengan brand image dari selebriti ambassador. Sehingga konsumen semakin yakin dalam memunculkan persepsi minat beli di shopee. Saran untuk peneliti selanjutnya agar tetap mempertimbangkan variable visibility, credibility, attraction, dan power sebagai pembentuk minat beli konsumen. Selain itu untuk mengembangkan hasil dari penelitian ini diharapkan agar menambah variable lain seperti kesesuaian.

 

3.226.243.130