Date: 19-09-2019 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN PERSEPSI TERHDAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DENGAN PERSEPSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Thesis Detail
Author DANIEL DARSONO GUNAWAN
Student's ID (NPK) K.2014.1.32645 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword DAYA TARIK WISATA, MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN, PRESEPSI
Page(s) 91
Submit Date 04-04-2019
Lecture(s) Dr.SETIYAWAN, MS


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh daya tarik wisata terhadap minat berkunjung wisatawan melalui presepsi. Variabel yang di gunakan didalam penelitian ini yaitu variabel independen daya tarik wisata (X), variabel ependent minat berkunjung wisatawan(Y) dan variabel intervening presepsi (Z). Populasi yang di gunakan yaitu seluruh wisatawan yang hadir dan yang pernah hadir ke Taman Safari Prigen dengan teknik pengambilan sampel sampeling insidental dengan responden sebnyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner serta teknik analisa data menggunakan analisis jalur/Path Analysis. Hasil penelitian yaitu bahwa: (a) pengaruh X terhadap Y dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat di simpulkan bahwa X Secara langsung berpengaruh signifikansi terhadap Y, Besar nilai R square yang terdapat pada tabel yaitu 0.266 sehingga pengaruh X terhadap Y secara langsung adalah 22.6% (b) Pengaruh X terhadap Z dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa X secara langsung berpengaruh signifikan terhadap Z, besar nilai R square yang terdapat pada tabel sebesar 0,357 pengaruh X terhadap Y sebesar 35,7%. (c) Pengaruh Z terhadap Y dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa Z secara langsung berpengaruh signifikan terhadap Y, nilai R square yang terdapat pada tabel sebesar 0,206 pengaruh X terhadap Y sebesar 20,6% . (d) pengaruh langsung yang diberikan X terhadap Y yaitu sebesar 0.475, sedangkan pengaruh tidak langsung yaitu perkalian antara X terhadap Z dan Z terhadap Y yaitu sebesar 0.598x0.454= 0.271, dengan begitu nilai pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh tidak langsung. Dengan demikian variabel Persepsi (Z) sebagai variabel intervening (variabel mediasi) tidak mempengaruhi variabel Daya Tarik Wisata (X) terhadap Minat berkunjung Wisatawan (Y). Nilai pengaruh total yaitu penjumlahan antara hasil dari pengaruh langsung X terhadap Y ditambah dengan nilai hasil dari perkalian antara X terhadap Z dan Z terhadap Y yaitu: Pengaruh Langsung ditambah pengaruh tidak langsung 0.475 + 0.271 = 0.746.

 

3.226.243.130