Date: 19-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PRODUK LIFE CYCLE DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN (ANALISIS PRODUK OLAHAN KERAJINAN KAYU PADA UD.RIZKY)

Thesis Detail
Author ASYRUL HAMIDAH SUS WIANDITA
Student's ID (NPK) K.2015.1.33271 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PRODUCT LIFE CYCLE, INTRODUCTION, GROWTH, MATURITY, DECLINE, TERMINATION
Page(s) 85
Submit Date 02-09-2019
Lecture(s) Dra.DWI DANESTY DECCASARI, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Siklus Hidup Produk (Product life cycle) adalah siklus suatu produk / organisasi dengan tahapan-tahapan proses perjalanan hidupnya. Siklus hidup mengacu pada periode dari pertama peluncuran produk ke pasar (introduction) sampai penarikan akhir (decline) dan dibagi secara bertahap. Produk yang diproduksi memiliki jangka waktu hidup yang terbatas, dan selama hidup itu produk akan melewati 4 tahap Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) yang dapat dgolongkan menjadi : Introduction (Tahap Pengenalan), Growth(Tahap Pertumbuhan), Maturity (Tahap Kedewasaan) Decline (Tahap Penurunan), Termination (Tahap Penghentian). Dan dalam setiap tahap ini produsen menghadapi tantangan yang berbeda. Secara umum, penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui keberadaan posisi produk life cycle di UD RIZKY. Secara spesifik penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang cocok untuk produk Sutil Kayu Jati di UD RIZKY sesuai dengan posisi produk life cycle. Penelitian ini terfokus pada Produk Sutil Kayu Jati (dikenal juga sebagai Chinese Spatula). Produk Sutil Kayu Jati ini merupakan produk unggulan UD RIZKY yang sering dicari pasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dengan menggunakan paradigma intrepentatif serta dalam proses analisis data akan menggunakan model spradley yaitu model pengumpulan data berdasarkan hasil dari keseluruhan proses pengamatan deskripstif, pengamatan terfokus, hingga menganalisis tema terpilih. Berdasarkan dari hasil analisa penelitian mengnunjukkan bahwa metode yang telah diterapakan, produk Sutil Kayu Jati yang di produksi UD RIZKY menempati Tahapan Dewasa (Maturity) tepatnya berada dibagian Decaying Maturity, yaitu saat penjualan mulai menurun dan konsumen mulai bergerak ke produk lain atau produk substitusi. Tahap ini ditandai dengan tercapainya titik tertinggi dalam penjualan perusahaan sehingga produsen mendapat tantangan untuk mempertahankan pangsa pasar yang telah mereka bangun dengan segala cara. Dengan demikian produk Sutil Kayu Jati yang diproduksi UD RIZKY berada pada Tahap Dewasa (Maturity) sesuai dengan siklus Life Cycle dalam penentuan strategi pemasaran produk. Strategi yang tepat untuk diterapkan di UD RIZKY adalah Strategi Bertahan (Defensive Strategy). Bertujuan untuk mempertahankan pangsa pasar dari pesaing dan menjaga kelompok produk (product category) dari serangan produk substitusi. Bentuk strategi ini adalah berupa modifikasi bauran pemasaran (product, price, place, & promotion) untuk memperoleh tambahan penjualan. Strategi bertahan ini lebih menitikberatkan pada penekanan/pengurangan biaya produksi dan menghilangkan kelemahan produk. ABSTRACT Product Life Cycle is the cycle of a product / organization with the stages of its life process. Life cycle refers to the period from the first product launch to the market (introduction) until the final withdrawal (decline) and divided gradually. Products produced have a limited life span, and during that life the product will pass 4 stages of the Product Life Cycle which can be classified as: Introduction, Growth, Maturity Decline (Decrease Phase), Termination (Termination Phase). And in each of these stages producers face different challenges. In general, this study aims to determine the existence of life cycle product positions in UD RIZKY. Specifically, this study was conducted to determine the marketing strategy that is suitable for Sutil Kayu products at UD RIZKY in accordance with the position of the product life cycle. This research focused on Sutil Kayu Products (also known as Chinese Spatula). This Wood Sutil product is the superior product of UD RIZKY which is often sought after by the market. This type of research used in this research is descriptive analysis, using the interpretative paradigm and in the process of data analysis will use the spradley model that is a data collection model based on the results of the entire process of descriptive observation, focused observation, to analyze the selected theme. Based on the results of research analysis shows that the method that has been applied, the Sutil Timber products produced by UD RIZKY occupies the Adult Stages (Maturity) precisely in the Decaying Maturity section, ie when sales begin to decline and consumers begin to move to other products or substitute products. This stage is marked by achieving the highest point in the company's sales so that producers are challenged to maintain the market share that they have built in every way. Thus the Sutil Teak products produced by UD RIZKY are at the Adult Level (Maturity) in accordance with the Life Cycle cycle in determining the product marketing strategy. The right strategy to be applied at UD RIZKY is the Defensive Strategy. Aims to maintain market share of competitors and protect product categories from product substitution attacks. The form of this strategy is the modification of the marketing mix (product, price, place, & promotion) to obtain additional sales. This survival strategy focuses more on reducing / reducing production costs and eliminating product weaknesses.

 

3.145.163.58