Date: 25-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Thesis Detail
Author MEIUDY NANDYA RAMIS
Student's ID (NPK) A.2015.1.33292 (AKUNTANSI)
Subject PERPAJAKAN
Keyword BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, UKURAN PERUSAHAAN, TRANSFER PRICING.
Page(s) 116
Submit Date 05-09-2019
Lecture(s) MUNIROH, SE, Ak., MM., CA


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Transfer pricing diyakini mengakibatkan berkurang atau hilangnya potensi penerimaan pajak suatu negara karena perusahaan multinasional cenderung menggeser kewajiban perpajakannya dari negara-negara yang memiliki pajak yang tinggi (high tax countries) ke negara-negara yang menerapkan pajak yang rendah (low tax countries). Sehingga penting untuk diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi transfer pricing seperti variabel beban pajak, tunneling incentive, dan ukuran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh beban pajak terhadap keputusan transfer pricing. 2) Untuk mengetahui pengaruh tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing. 3) Untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap keputusan transfer pricing. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur periode 2016-2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Beban pajak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar beban pajak memicu perusahaan untuk melakukan transfer pricing. 2) Tunneling incentive berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Hal ini menunjukkan bahwa pemilik saham dengan kepemilikan yang cukup besar cenderung menginginkan pengembalian atas investasi yang besar pula, oleh karenanya salah satu cara yang dapat mereka lakukan adalah dengan transfer pricing. 3) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar ukuran perusahaan, semakin besar pula dimana kemungkinan terjadinya transfer pricing lebih tinggi terjadi di perusahaan besar dibandingkan dengan perusahaan kecil.

 

18.218.38.125