Date: 20-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA NILAI PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANAUFAKTUR

Thesis Detail
Author APRIYANI VILANIA SILLA
Student's ID (NPK) A.2014.1.32709 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI BIAYA
Keyword CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, CSR, PROFITABILITAS
Page(s) 60
Submit Date 08-09-2019
Lecture(s) Drs.DJOKO SUGIONO, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap profitabilitas dan mengetahui pengaruh positif Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan manufaktur. Corporate Social Responsibility sangat penting dilakukan perusahaan supaya produk yang ditawarkan diterima oleh masyarakat sekitar. Berdasarkan hal tersebut maka perusahaan perlu meningkatkan profitabilitasnya agar nilai perusahaan meningkat sehingga peusahaan mampu mengeluarkan CSR yang harus dianggarkan. Dengan demikian peneliti merasa perlu melakukan riset, sehingga akan mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi CSR dalam perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI kemudian teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan purposive sampling tujuan untuk mendapatkan sampel yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi linier berganda dapat disimpulan sebagai berikut: 1) Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap ROA pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia diterima, dengan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini semakin tinggi aktivitas Corporate Social Responsibility yang dilakukan perusahaan maka semakin tinggi pula Return on Equity (ROA) yang diterima perusahaan. 2) Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perushaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia diterima, dengan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini semakin tinggi aktivitas Corporate Social Responsibility yang dilakukan perusahaan maka semakin tinggi pula Return on Equity (ROA) yang diterima perusahaan.

 

18.226.251.68