Date: 25-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS (STUDI KASUS PT.WAHANA KHARISMA FLORA)

Thesis Detail
Author PUTRI DUWI ARUMSARI
Student's ID (NPK) K.2015.1.33379 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS IFAS ANALISIS EFAS MATRIKS SWOT DIAGRAM ANALISIS SWOT.
Page(s) 74
Submit Date 10-09-2019
Lecture(s) Drs.EKO SUDJAWOTO, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan bisnis pada PT Wahana Kharisma Flora yang terletak pada Desa Junggo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Kemudian untuk merumuskan strategi untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan serta peluang yang dimiliki oleh PT. Wahana Kharisma Flora serta seberapa besar tantangan yang berasal dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Data yang diambil melalui studi kepustakaan, observasi serta wawancara dengan orang yang mempunyai wewenang penting dalam perusahaan seperti pemilik perusahaan, kepala kebun, dan beberapa orang yang mempunyai bagian dalam perusahaan. Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sesuatu yang tengah berlangsung pada saat riset dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan lingkungan PT Wahana Kharisma Flora dan untuk menetapkan manajemen strategi yang sesuai bagi PT Wahana Kharisma Flora. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis IFAS, Analisis EFAS, Analisis SWOT ,dan Diagram analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis PT Wahana Kharisma Flora antara lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis IFAS skor total skor total 2,77 dan EFAS skor totalnya 2,83. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan harus dipertahankan dan ditingkatkan kinerjanya. Maka posisi perusahaan termasuk kuat, hal ini ditunjukan bahwa angka koordinat diatas angka rata-rata sehingga mendukung kebijaksanaan yang agresif untuk mencapai pertumbuhan, baik dalam jumlah penjualan, asset, profit atau kombinasi dari ketiganya. Berdasarkan penelitian dapat strategi pengembangan bisnis pada PT. Wahana Kharisma Flora yakni menambah dan meningkatkan kualitas produk, peningkatan kapasitas produksi perusahaan, memanfaatkan pembinaan dan penyuluhan untuk meningkatkan keahlian SDM perusahaan, mempertahankan segmentasi pasar yang sudah ada menjalin kemitraan dan networking dengan stakeholder.

 

18.191.108.168