Date: 20-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT PERSEPSI RESIKO DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN OVO (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKU�E�WARA)

Thesis Detail
Author SEPTIAN WAHYU SAFRUDIN
Student's ID (NPK) K.2015.1.33492 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword E-MONEY, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RESIKO, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MINAT PENGGUNAAN.
Page(s) 82
Submit Date 03-03-2020
Lecture(s) Drs.EKO SUDJAWOTO, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, salah satunya yaitu dengan berkembangnya cara pembayaran yang dulunya tunai (cash based) mulai beralih menjadi nontunai (noncash based) dalam berbagai aktivitas pembayaran. Salah satu instrumen pembayaran nontunai yang saat ini sedang berkembang di Indonesia adalah uang elektronik (electronic money) atau yang biasa disebut e-money. Industri perbankan dan telekomunikasi berlomba-lomba mengeluarkan produk uang elektronik sebagai upaya untuk mengikuti perkembangan yang ada, beberapa fintech startup pun juga ikut bergerak dalam mengeluarkan produk e-money tersebut, salah satunya yaitu OVO. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat seseorang, salah satu dari faktor tersebut adalah persepsi seseorang dalam menggambarkan keadaan yang ada. Karena OVO merupakan suatu produk perkembangan teknologi informasi, maka manfaat yang dirasakan dan kemudahan penggunaan serta resiko atau konsekuensi dari penggunaan sebuah produk teknologi akan mempengaruhi pandangan para calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat, persepsi resiko dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan OVO. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling dan banyaknya sampel yang digunakan sebanyak 93 Mahasiswa aktif STIE Malangkucecwara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif Kausalitas dengan metode kuisioner yang dihitung menggunakan skala likert. Hasil penelitian (1) Terdapat pengaruh dari persepsi manfaat secara positif dan signifikan terhadap minat penggunaan OVO (2) Tidak terdapat pengaruh dari persepsi resiko terhadap Minat penggunaan OVO (3) Terdapat pengaruh dari persepsi kemudahan penggunaan secara positif dan signifikan terhadap minat penggunaan OVO.

 

3.147.42.168