Date: 25-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR) PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK

Thesis Detail
Author NATALIA ROSANTI
Student's ID (NPK) A.2016.1.33636 (AKUNTANSI)
Subject PERPAJAKAN
Keyword CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN AGRESIVITAS PAJAK
Page(s) 61
Submit Date 03-03-2020
Lecture(s) MUNIROH, SE, Ak., MM., CA


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Secara umum, penelitian ini menggunakan dua jenis variabel yaitu, variabel dependen dan varaibel independen. Terdapat tiga variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, corporate social responsibility, profitabilitas, dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini yaitu agresivitas pajak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak di perusahaan manufaktur sector konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2018. Sektor konsumsi terdiri dari lima jenis yaitu: makanan dan minuman, rokok, farmasi, kosmetik dan barang keperluan rumah tangga, dan peralatan rumah tangga. Penelitian ini dilakukan sebanyak 43 perusahaan dimana 4 perusahaan tidak mempubliskan laporan keuangan dan total perusahaan yang mengalami kerugian sebanyak 10 perusahaan. Data laporan tahunan yang tidak berhasil ditemukan oleh penelitian di website Bursa Efek Indonesia sebanyak 7 perusahaan. Sehingga diperoleh total 22 perusahaan dan dikalikan selama periode yang diteliti yaitu 2, dengan hasil 44 sampel penelitian. Proses penelitian sampel dilakukan dengan cara mengeliminasi perusahan konsumsi yang tidak memenuhi kriteria. Pengukuran corporate social responsibility menggunakan 6 kategori yaitu ekonomi, lingkungan, ketenagakerjaan, kenyamanan bekerja, hak asasi manusia, masyarakat, dan tanggung jawab atas produk menurut standart GRI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak.

 

3.141.198.146