Date: 19-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

DELAPAN ELEMEN PEMASARAN PENDUKUNG CITRA PERUSAHAAN JASA (STUDI PADA CV ORBIT EVEN ORGANIZER)

Detail
Author EKO SUDJAWOTO
ID 202.710.273
Published Date 07-05-2013

Abstract

-Abstrksi Penelitian ini bertujuan untukmenguji delapan elemen yang mendukung citra perusahaan jasa event organizae. Delapan elemen tersebut yang sekaligus menjadi variabel bebas penelitian ini adalah product, price, promotion, place, people, physical evidence, process, customer service, sedangkan citra perusahaan sebagai variabel; terikat dari penelitian ini. Jumlah populasi yang sekaligus menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh klien atau pengguna jasa (bisa individu, atau perusahaan/oegnisasi) ORBIT Event Organizer yaitu 39 orang selama tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda untuk menguji dukungan ke delapan elemen tersebut terhadap citra perusahaan. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel product, price, promotion, place, people, physical evidence, process, customer service memiliki dukungan positif terhadap citra perusahaan. Selain itu, hasil uji t menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas tersebut juga secara parsial berpengaruh terhadap citra perusahaan dan variabel produk merupakan variabel yang paling dominan. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perusahaan untuk meningkatkan omzet penjualan jasanya melalui penguatan citra perusahan. Keywords: citra perusahaan, bauran pemasaran, event organizer, regresi berganda.